Wapres Ma'ruf Amin Gelar Rapat Terbatas, Bahas Kondisi Papua Pegunungan

Wapres Ma'ruf Amin Gelar Rapat Terbatas, Bahas Kondisi Papua Pegunungan

Wapres Ma'ruf Amin meminta agar Kemenag dan MUI bisa menyelesaikan masalah dan isu agama yang dilakukan Panji Gumilang dan Ponpes Al-Zaytun-Setwapres-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Wakil Presiden (Wapres) selaku Ketua Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP) langsung memimpin rapat terbatas membahas tentang Papua pada Rabu 26 April 2023.

Pada pertemuan tersebut, Wapres mengungkapkan rasa prihatin terkait situasi dalam dua pekan terakhir, dimana sejumlah prajurit TNI gugur dalam tugas operasi di Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan

BACA JUGA:Keuangan PSSI Mulai Diaudit, Erick Thohir Angkat Bicara

Disebabkan oleh, adanya tindak kekerasan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di wilayah terkait. 

"Menyikapi situasi ini, TNI dan Polri untuk memperkuat strategi yang komprehensif untuk Papua," ujar Wapres dalam keterangan resminya.

Wapres meyakini, Panglima TNI dan Kapolri telah melakukan evaluasi operasi dan memperkuat langkah-langkah dengan menetapkan status operasi menjadi siaga tempur darat.

BACA JUGA:Putusan Banding AG Dibacakan Pengadilan Tinggi DKI Secara Terbuka

Namun, Wapres mengingatkan, bersamaan dengan pendekatan keamanan, harus tetap konsisten dengan pendekatan kesejahteraan yang berbasis sosial-kultural dan administratif-politik untuk menangani akar persoalan dan isu-isu strategis di 6 Provinsi di tanah Papua.

Untuk itu, Wapres menekankan pentingnya mengelola komunikasi luar negeri dan dalam negeri yang tepat, serta pentingnya kajian-kajian pemikiran strategis guna perbaikan formulasi dan pelaksanaan kebijakan soal Papua ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: