Pemprov DKI Bakal Pulangkan Pendatang Baru yang jadi Pemulung dan Pengemis

Pemprov DKI Bakal Pulangkan Pendatang Baru yang jadi Pemulung dan Pengemis

Pejabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengaku mendapatkan laporan dari masyarakat terkait adanya bau tak sedap kotoran kuda di sekitar monas.-Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal memulangkan pendatang baru ke Ibukota ke daerah asalnya jika bekerja sebagai pemulung

"Jadi kan nanti Dinas Sosial (DKI) kerja sama (dengan) Dinas Sosial kabupaten/kota setempat, ada juga yang beberapa waktu lalu ketemu ya kita pemulung segala macam kita kembalikan," ujar Penjabat Gubernur Heru Budi Hartono di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis, 27 April 2023.

BACA JUGA:Iwan Bule Dikabarkan Maju Cagub Jabar, Prabowo Subianto: Pantas Enggak?

Selain pemulung, Pemprov DKI Jakarta juga akan memulangkan pendatang baru yang bekerja sebagai pengemis

Namun, Heru mengatakan pihaknya akan terlebih dahulu memberikan edukasi kepada pendatang tersebut jika memulung telah melanggar Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2027 tentang Ketertiban Umum.

"Tapi kita edukasi kok, kita kumpulkan di Dinas Sosial kalau mereka mau pulang," sambungnya.

Lebih lanjut, Heru mengatakan bahwa Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) juga akan memantau jumlah pendatang pasca-mudik Lebaran Idul Fitri tahun ini. Dinas Dukcapil juga telah menggandeng RT/RW untuk bekerja sama melakukan pendataan.

BACA JUGA:TNI dan Polri Bentuk Tim Investigasi Selidiki Penyerangan Polres Jeneponto

"Kan Dinas Dukcapil sudah ngumpulin RT/RW, memantau, dan mendata penduduk. Kan kita tidak bisa (melarang pendatang). Mereka kan punya hak untuk datang," ujar dia. 

Heru menyadari setiap masyarakat memiliki hak untuk datang ke Jakarta. Namun, dia meminta agar para pendatang itu telah memiliki pekerjaan tetap, ketika memutuskan merantau ke Jakarta.

"Kan kita tidak bisa (melarang), mereka kan punya hak untuk datang cuma kita minta mudah-mudahan yang datang itu sudah ada pekerjaan yang pasti dan seterusnya," ujarnya.

BACA JUGA:Lina Mukherjee Jadi Tersangka Konten Makan Kriuk Babi, Malah Ucap Syukur: Makasih Hujatan dan Cacian

Sebelumnya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta memperkirakan akan ada 36.000-40.000 pendatang baru di Ibu Kota usai Lebaran 2023.

"Perkiraan kita ada penambahan sekitar 20 sampai 30 persen menjadi 36.000 sampai 40.000 pendatang baru," kata Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta Budi Awaluddin di Balaikota DKI Jakarta, Rabu, 26 April 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: