Dukcapil DKI: Daya Tampung Jakarta Sudah Over, Ada 17 Ribu Jiwa per Kilometer Persegi

Dukcapil DKI: Daya Tampung Jakarta Sudah Over, Ada 17 Ribu Jiwa per Kilometer Persegi

Dukcapil Jakarta Selatan mencatat dalam 22 hari jumlah pendatang baru di Jakarta selatan capai 1400 orang. -Ilustrasi-Radar Banten

JAKARTA, DISWAY.ID-- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal memperketat pendatang baru yang masuk ke Ibukota. 

Sebab, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta mencatat kondisi ibukota saat ini sudah cukup padat yakni mencapai 17 ribu jiwa per kilometer persegi.

"Kalau kita lihat kondisinya adalah kepadatan (DKI Jakarta) sudah sampai 17 ribu per kilometer per segi, cukup padat. Daya tampung kita sebenarnya sudah over, kita sedang kaji berapa idealnya," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta Budi Awaluddin di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis, 27 April 2023.

BACA JUGA:Dukcapil DKI Sebut Separo Pendatang Baru Berpenghasilan Rendah, 20 Persen Tinggal di Wilayah Kumuh

Kendati demikian, ia mengatakan lahan di ibukota masih bisa menampung pendatang baru dengan mempertimbangkan berbagai aspek kelayakan.

"Sebenarnya kondisi apakah DKI masih bisa menampung (pendatang baru), ya masih bisa menampung," tutur Budi.

"Cuma, apakah kondisinya saat ini kan kelayakannya (tempat untuk pendatang), layak atau tidak," sambungnya.

Oleh karena itu, Pemprov DKI akan mengkaji aturan untuk memperketat pendatang baru masuk di Ibu Kota. 

"Nanti, ke depan, di 2024 kita masih menjajaki dan saat ini wacana, dan kita sudah mendiskusikannya ke Kemendagri, pimpinan kita juga, bahwa kita akan menggodok perda pembatasan bagi masyarakat. Persyaratan tambahan bagi masyarakat yang akan datang ke Jakarta," ujar Budi. 

BACA JUGA:Duh, Pemprov DKI Terima Aduan 432 Perusahaan Belum Bayar THR Karyawan

Pemprov DKI masih mengumpulkan data terbaru pendatang Jakarta setelah Lebaran 2023 berakhir. Budi mengungkapkan alasan pihaknya melakukan pembatasan terhadap pendatang baru yaitu karena Jakarta akan menjadi global city. 

"Sampai saat ini kita mulai pendataan dan juga agar menghadapi Jakarta sebagai global city, sehingga nantinya Jakarta benar-benar tertib administrasi kependudukan," tutupnya. 

Prediksi 40 Ribu Pendatang Baru Serbu Jakarta

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta memperkirakan akan ada 36.000-40.000 pendatang baru di Ibu Kota usai Lebaran 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: