949 WNI Berhasil Dievakuasi Dari Sudan, Menlu: 100 WNI Akan Tiba Hari Ini

949 WNI Berhasil Dievakuasi Dari Sudan, Menlu: 100 WNI Akan Tiba Hari Ini

KERUMUNAN WNI yang bersiap naik pesawat Boeing 737 milik TNI-AU ketika mereka akan diselamatkan dari peperangan di Sudan, Rabu, 26 April 2023.-TNI VIA AP-

BACA JUGA:Ini Ciri-ciri Pria Bersenjata Api yang Lakukan Penembakan di Kantor MUI Jakarta, Pelaku Berhasil Diamankan!

“ Hari ini 100 WNI dari Sudan akan tiba di Indonesia melalui pemulangan tahap keempat,” lanjut Retno.

Menurut Retno, ratusan WNI itu dievakuasi melalui kerja sama dengan negara lain. 

"Pemulangan tahap keempat dijadwalkan tiba di Jakarta pada 2 Mei dengan Garuda Indonesia, rencananya sebanyak 100 evacuees," jelas Retno. 

Indonesia patut bersyukur mengingat evakuasi WNI dari Sudan terlaksana dengan baik, ketika masih banyak negara yang masih berusaha mengevakuasi warganya di negara itu.

Dalam melakukan evakuasi, Indonesia diketahui bekerjasama dengan berbagai negara, meliputi Arab Saudi (Jeddah), Mesir, hingga Uni Emirat Arab. 

BACA JUGA:Pelaku Penembakan MUI Mengaku Sebagai Tuhan, Wasekjen: Kejadian Saat Acara Halal Bihalal

Retno menyampaikan rasa terima kasih kepada negara-negara tersebut yang membantu dan bekerjasama dalam mengevakuasi Warga Negara Indonesia dari Sudan

 "Saya ingin sampaikan penghargaan dan terima kasih kepada pemerintah Mesir dan Persatuan Emirat Arab yang telah membantu evakuasi beberapa WNI keluar dari Sudan," ungkapnya.

Sebelumnya  Satuan Tugas (Satgas) TNI menutup misi kemanusiaan dengan total mengevakuasi 344 warga negara Indonesia (WNI) dan 15 warga negara asing (WNA) dari daerah konflik di Sudan. 

Pemulangan tahap ketiga sebanyak 75 Warga Negara Indonesia telah selesai dan mereka tiba menggunakan pesawat Boeing 737 A-7305 milik TNI Angkatan Udara (AU) di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada Senin 1 April 2013. 

BACA JUGA:Disdikbud Tangsel Deklarasi Sekolah Ramah Anak

Tidak hanya mengevakuasi Warga Negara Indonesia, TNI Angkatan Udara juga mengevakuasi warga negara asing.

Para WNA yang terdiri dari warga Bangladesh, Filipina, Australia dan Sudan, dievakuasi dalam empat sorties penerbangan rute Jeddah-Port Sudan-Jeddah. 

“Selama lima hari menjalankan misi, tim evakuasi dan pesawat A-7305 telah berhasil mengevakuasi 344 WNI dan 15 WNA,” kata Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo, dikutip dari siaran pers Dinas Penerangan TNI AU (Dispenau), Selasa 2 April 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: