Tips Perawatan Sepeda Motor Setelah Dipakai Mudik, Perhatikan 7 Poin Ini

Tips Perawatan Sepeda Motor Setelah Dipakai Mudik, Perhatikan 7 Poin Ini

Bengkel resmi Yamaha-yamaha-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Momen libur lebaran 2023 telah berakhir. Sebagian besar masyarakat yang sebelumnya berpergian jauh menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor, kini telah kembali ke rumahnya masing-masing untuk menjalani rutinitas harian mereka. 

Namun sebelum memulai mobilitas harian tersebut, ada baiknya pengendara memeriksa terlebih dahulu kondisi kendaraannya.

BACA JUGA:Penertiban Jukir Liar di Monas Berlanjut Pasca Petugas Dishub Ditusuk

Pasalnya, pasca berpergian melewati beragam kondisi jalan dan kemacetan khas libur lebaran, ada kemungkinan sepeda motor yang dikendarai kini tidak lagi dalam kondisi yang prima. 

Itulah sebabnya, sangat disarankan bagi para pemilik kendaraan untuk melakukan pengecekan dan perawatan terhadap beberapa komponen guna mengoptimalkan kembali performa sepeda motor. 

“Momen libur lebaran tahun ini sangat spesial. Kondisi pandemi yang sudah jauh membaik membuat antusiasme masyarakat dalam bermobilitas menjadi sangat tinggi,” ujar Antonius Widiantoro, Asst. General Manager Marketing – Public Relation, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM).

BACA JUGA:Viral! Seorang OB Jadi Sorotan Ikut Amankan Pelaku Penembakan di Kantor MUI Pusat, Netizen: OB Keren, Ikut Melumpuhkan

“Bagi mereka yang menggunakan sepeda motor selama libur lebaran dan menempuh perjalanan yang cukup jauh sehingga membuat kendaraan bekerja lebih ekstra, dirasa perlu untuk melakukan pengecekan dan perawatan yang tepat terhadap kendaraanya sebelum kembali memulai rutinitas harian. Karena kondisi sepeda motor yang prima, merupakan salah satu faktor penunjang keselamatan dan kelancaran dalam berkendara,” jelasnya.

Berikut adalah tips perawatan dan pengecekan sepeda motor dari Yamaha bagi para pemilik kendaraan selepas menempuh perjalanan libur lebaran.

1.  Bersihkan Motor

Langkah pertama yang perlu dilakukan oleh pengendara selepas menempuh pejalanan tentunya adalah membersihkan kendaraan dari kotoran yang menempel seperti debu, tanah dan juga minyak. 

BACA JUGA:Kronologi Insiden Penembakan di Kantor MUI Pusat

Karena kotoran tersebut, berpotensi menghambat kinerja komponen kendaraan atau bahkan membuatnya rusak seperti berkarat.

2. Cek Oli Mesin & Transmisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: