Konflik Papua Memanas! Eks Panglima OPM Serukan Dialog, Lambert Pekikir: Pahami Keunikannya!

Konflik Papua Memanas! Eks Panglima OPM Serukan Dialog, Lambert Pekikir: Pahami Keunikannya!

Pihak kepolisian mengungkapkan telah menyiapkan beberapa skenario untuk membebaskan 4 WNI disandera oleh OPM Papua. -Facebook-

JAKARTA, DISWAY.ID - Mantan Panglima Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) - Organisasi Papua Merdeka (OPM), Lambert Pekikir mengingatkan kepada pemerintah Indonesia untuk melakukan pendekatan diaolog bukan kekerasan senjata dalam mencapai Papua damai.

"Jadi saya minta kepada semua pihak, untuk utamakan dialog damai dan jangan pakai kekerasan senjata," kata Lambert kepada awak media di Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua, Rabu 3 Mei 2023.

Menurut Lambert, persoalan konflik di Papua bukanlah hal yang gampang, diperlukan proses yang panjang karena keunikan dari bangsa Papua sangat sulit untuk dipersatukan.

BACA JUGA:Tegas! AKBP Achiruddin Hasibuan Dipecat dari Polri Secara Tidak Hormat!

"Saya mulai berpikir, tanpa dialog, permasalahan konflik Papua tidak pernah dapat terselesaikan secara menyeluruh," ujarnya

Selain itu, Lambert juga mengajak kepadapa pemuda-pemuda untuk tidak mengambil jalan kekerasan untuk menyelesaikan permasalahan Papua.

"Saya juga mau mengajak semua pihak agar mari kita budayakan budaya demokrasi, membangun budaya dialog untuk menyelesaikan setiap permasalahan di Papua," tuturnya.

BACA JUGA:Rian Mahendra Beberkan Syarat Khusus Jadi Pramugari PO Kencana: Rambut Pirang hingga Bertato Naga! Minat?

Sejauh ini, Lambert mengeklaim pihaknya telah berhasil membuat wilayah Keerom damai dan jauh dari berbagai gangguan.

"Hal tersebut dilakukan, karena Keerom sebagai tempat dimana awal sejarah lahirnya perjuangan Papua Merdeka," ujarnya.

Di sisi lain, untuk menjaga kedamaian di Tanah Papua, saat ini Lambert Pekikir juga membangun kerjasama dengan pihak gereja dengan lembaga-lembaga HAM.

"Saat ini saya sudah berada bersama dengan Pemerintah RI serta aparat keamanan TNI-Polri di tengah-tengah masyarakat," imbuhnya.

BACA JUGA:Makin Terjepit! Moeldoko Perintah TNI-Polri Kepung Sarang KKB di 3 Wilayah Papua: Ambil Langkah yang Lebih Tegas!

Sosok Lambert Pekikir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: