Begini Cara Lain untuk Membersihkan Telinga Tanpa Menggunakan Cotton Bud

Begini Cara Lain untuk Membersihkan Telinga Tanpa Menggunakan Cotton Bud

Bahaya mengorek kuping dengan Cotton Bud-ilustrasi-parapuan

JAKARTA, DISWAY.ID - Membersihkan telinga memang penting untuk menjaga kesehatan telinga dan mencegah masalah kesehatan pada telinga seperti infeksi telinga dan penumpukan kotoran telinga yang berlebihan.

Namun, membersihkan telinga tidak selalu wajib dilakukan, terutama jika telinga Anda tidak mengalami masalah kesehatan.

Kotoran telinga sendiri sebenarnya merupakan mekanisme alami tubuh untuk melindungi telinga dari infeksi dan iritasi.

BACA JUGA:Catat! Bahaya Mengorek Kuping dengan Cotton Bud, Infeksi Telinga hingga menyebabkan Vertigo!

Kotoran telinga yang normal biasanya akan keluar dengan sendirinya melalui gerakan rahasia kelenjar di dalam telinga.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya tidak terlalu sering membersihkan telinga dengan cara yang berisiko menyebabkan cedera pada telinga atau malah memperparah kondisi telinga.

Jika Anda merasa ada masalah dengan telinga Anda, seperti sakit, terdengar suara berdengung atau berdesir, atau adanya penumpukan kotoran telinga yang berlebihan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis THT untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Ada beberapa cara untuk membersihkan telinga tanpa menggunakan cotton bud, antara lain:

BACA JUGA:Awas! Korek Kuping Pakai Cotton Bud Bahaya untuk Kesehatan, Berikut 4 Kebiasaan Sepele Lain yang Berisiko

1. Menggunakan air hangat: Anda dapat mengalirkan air hangat ke dalam telinga dengan menggunakan shower, shower telinga, atau menggunakan botol dengan ujung yang disesuaikan agar mudah dimasukkan ke dalam telinga. Pastikan air hangat tidak terlalu panas dan tidak terlalu cepat mengalir ke dalam telinga untuk menghindari cedera pada telinga.

2. Menggunakan minyak telinga: Anda dapat meneteskan beberapa tetes minyak telinga ke dalam telinga untuk membantu melunakkan dan menghilangkan kotoran telinga. Setelah beberapa menit, basuh telinga dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih.

3. Membersihkan dengan kain lembut: Anda dapat membersihkan bagian luar telinga dengan kain lembut yang sudah dibasahi dengan air hangat. Jangan memasukkan kain ke dalam telinga, karena dapat merusak gendang telinga.

4. Memijat telinga: Anda dapat memijat telinga dengan lembut untuk membantu mengeluarkan kotoran telinga. Caranya dengan memutar-mutar telinga secara perlahan.

BACA JUGA:DOR! Lumuran Darah Keluar dari Sorban Habib Bahar bin Smith Akibat 'Panasnya' Tembakan OTK: Selongsongnya Masih di Situ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: