Pembangunan Terminal Tipe A Purworejo Sedot Anggaran Rp35 Miliar, Menhub: Perintah Jokowi!

Pembangunan Terminal Tipe A Purworejo Sedot Anggaran Rp35 Miliar, Menhub: Perintah Jokowi!

Menhub Budi Karya Sumadi-Foto : Kementerian Perhubungan -Foto : Kementerian Perhubungan

JAKARTA, DISWAY.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, bahwa pembangunan terminal tipe A di setiap daerah merupakan arahan langsung dari Presiden Jokowi untuk menghubungkan antar kota dan kabupaten.

"Pak presiden memerintahkan kepada saya agar angkutan masal diberikan suatu prioritas. Oleh karenanya, kami mendapat tugas untuk membangun terminal tipe A di semua kota-kota dan kabupaten," kata Budi saat Groundbreaking terminal tipe A Purworejo, Minggu 21 Mei 2023. 

Adapun pembangunan terminal tipe A di Kabupaten Purworejo, Jawa tengah segera dimulai di lahan seluas 11.890 meter persegi. 

BACA JUGA:Tegang! Ganjar Pranowo Angkat Bicara soal Relawan Jokowi yang 'Membelot' ke Prabowo, Adian Napitupulu Ungkit Jasa PDIP!

Proyek Terminal Tipe A Purworejo memiliki anggaran sebesar 35 miliar Rupiah, yang berasal dari dana APBN. 

"Pembangunan ini menelan anggaran hingga Rp 35 miliar," ujarnya.

"Dana tersebut akan digunakan untuk membangun terminal yang lengkap dengan fasilitas penunjang, termasuk area parkir kendaraan yang luas, pintu masuk dan keluar yang terorganisir dengan baik, serta ruang tunggu yang nyaman bagi para penumpang," sambungnya. 

Budi memperkirakan, terminal Tipe A Purworejo selesai pada November 2023, akan menjadi pusat transportasi modern yang mampu menampung peningkatan mobilitas penduduk dan memperkuat konektivitas di wilayah Kabupaten Purworejo serta sekitarnya. 

BACA JUGA:Gibran Diklarifikasi Soal Makan Bareng Prabowo, Sekjen PDIP Beri Nasehat

Terminal ini didesain dengan menggunakan teknologi terkini, memenuhi standar keamanan dan kenyamanan bagi pengguna. Tak hanya itu, terminal tipe A Purworejo ini akan memiliki ruang serbaguna untuk kegiatan masyarakat. 

"Ini akan kita bangun satu terminal, dengan style yang agak lain, kita akan membangun Fungtion (Gedung sebaguna) sehingga ini memiliki fungsi ganda untuk digunakan masyarakat," ungkapnya.

Menurut Budi, dengan banyaknya terminal untuk angkutan umum ini dapat mempermudah masyarakat. Sehingga dapat membuat perekonomian masyarakat jadi lebih maju. 

"Harapannya masyarakat bisa lebih cinta untuk naik bus," kata Budi didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 

BACA JUGA:Komentar Telak Erick Thohir Buntut Pemain Thailand Lempar Medali ke Tribun Penonton: Saya Pastikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: