Intip Perbedaan Terminal Tipe A, B dan C Besutan Jokowi di Setiap Daerah

Intip Perbedaan Terminal Tipe A, B dan C Besutan Jokowi di Setiap Daerah

Ilustrasi/Terminal Kampung [email protected]

JAKARTA, DISWAY.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk membuat pembangunan terminal tipe A di setiap daerah untuk menghubungkan antar kota dan kabupaten.

Lantas, apa yang dimaksud dengan terminal tipe A? dan apa perbedaannya dengan terminal tipe A, B dan C?

Seperti yang kita ketahui bahwa terminal yang ada di Indonesia di bagi dalam tiga (3) tipe terminal, yaitu terminal tipe A, terminal tipe B dan terminal tipe C yang telah dipisahkan kewenangannya menjadi milik Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah. 

BACA JUGA:Pembangunan Terminal Tipe A Purworejo Sedot Anggaran Rp35 Miliar, Menhub: Perintah Jokowi!

Pembagian ini dilakukan berdasarkan UU no 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, yang hanya membagi berdasarkan kewenangan pengelolaan teminal.

Penentuan tipe dan kelas terminal dilakukan berdasarkan fungsi pelayanan, fasilitas pelayanan dan kewennagan. Berdasarkan fungsi pelayanannya, terminal penumpang diklasifikasikan kedalam tiga tipe terminal (PP RI No.43 tahun 1993) yaitu:

1. Terminal penumpang Tipe A, yaitu yang berfungsi melayani kendaraan penumpang umum untuk angkutan antar kota antar propinsi (AKAP), dan angkutan lintas batas antar negara, angkutan antar kota dalam propinasi (AKDP), angkutan kota (AK) serta angkutan pedesaan (ADES).

2. Terminal penumpang Tipe B, yaitu yang berfungsi melayani kendaraan penumpang umum untuk angkutan antar kota dalam propinasi (AKDP), angkutan kota (AK) serta angkutan pedesaan (ADES).

3. Terminal penumpang Tipe C, yaitu yang berfungsi melayani kendaraan penumpang umum  untuk angkutan pedesaan (ADES).

BACA JUGA:Tegang! Ganjar Pranowo Angkat Bicara soal Relawan Jokowi yang 'Membelot' ke Prabowo, Adian Napitupulu Ungkit Jasa PDIP!

Klasifikasi terminal tersebut akan mendasari pertimbangan bagi keperluan perencanaan berbagai fasilitas penunjang dari masing-masing tipe terminal. Tipe yang berbeda akan menuntut jumlah dan dimensi fasilitas pendukung yang berbeda pula.

Demikian juga halnya dengan lokasi terminal, di masing-masing tipe mempunyai kriteria tersendiri dalam penentuan lokasi yang sesuai dengan tipe pelayanan yang diembannya.

Selain dibedakan berdasarkan tipe terminal, terminal juga dibedakan berdasarkan kelas terminal yaitu terminal kelas 1, kelas 2 dan kelas 3 ( PM 132 tahun 2015. 

Pembagian kelas terminal ditetapkan  melalui kajian teknis terhadap intensitas kendaraan yang didasari pada tingkat permintaan angkutan, keterpaduan pelayanan angkutan, jumlah trayek, jenis pelayanan angkutan, fasilitas utama dan penunjang terminal serta simpul asal dan tujuan angkutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: