Tegas! Menag Yaqut Minta Petugas Lebih Ramah dan Peduli pada Jemaah Lansia

Tegas! Menag Yaqut Minta Petugas Lebih Ramah dan Peduli pada Jemaah Lansia

Menag Yaqut Lepas Jemaah Haji 2023-Istimewa-Kemenag

JAKARTA, DISWAY.ID - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Syekh Faisal Abdullah Al Amudi di melepas keberangkatan 388 jemaah pertama Embarkasi JAKARTA-Pondok Gede (JKG 01) dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

"Tahun depan kita usahakan fast track tidak hanya di sini melainkan di beberapa tempat, terutama di provinsi yang jemaahnya banyak," kata Yaqut saat melepas keberangkatan Haji 1444 H/2023 M dimulai hari ini, Rabu 24 Mei 2023

Yaqut mengatakan, jemaah tahun ini merupakan orang-orang yang terpilih berangkat ke Baitullah, menunaikan Rukun Islam kelima, yaitu beribadah haji. Menurut Menag, ibadah haji memerlukan fisik yang prima. 

BACA JUGA:Menag Yaqut Peringatkan Jamaah Haji Jangan Pakai Atribut Partai, Singgung Pasal Syirik di Arab: Jangan Sembarangan

Karenanya, jemaah haji harus selalu memperhatikan aspek kesehatan selama di perjalanan, di Arab Saudi, hingga nantinya kembali lagi ke Tanah Air.

"Jangan terlalu memaksakan diri dalam beraktivitas, termasuk beribadah sunnah, terlebih bila merasa kesehatannya tidak memadai," ujarnya.

Menurut Yaqut, kondisi di Arab Saudi berbeda dengan di Indonesia. Di mana, cuaca di Arab Saudi jauh lebih panas, sehingga seluruh jemaah harus dapat menyesuaikan diri. 

"Pemerintah telah menyiapkan para petugas untuk memberikan layanan kesehatan bagi jemaah," ucapnya.

"Jangan sungkan untuk bertanya atau berkonsultasi jika ada keluhan terkait kesehatan. Telah disiapkan juga para petugas yang akan memberikan pelayanan, pelindungan, dan pembinaan kepada jemaah," sambungnya.

BACA JUGA:Menag Ingatkan Jemaah Haji, Jimat Dilarang di Arab Saudi

Yaqut menyebut, pada penyelenggaraan Haji tahun ini usia lanjut usia (lansia) jumlahnya lebih banyak dari sebelumnya. 

"Kemenag berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi seluruh jemaah, termasuk para lanjut usia," imbuhnya.

Selain itu, Yaqut meminta para petugas lebih ramah dan peduli kepada jemaah lansia. Seluruh jemaah haji juga diajak untuk bersama memberikan kepedulian kepada para lansia yang ada dalam rombongannya.

Jemaah haji Indonesia diimbau untuk membawa barang seperlunya, yang dibutuhkan selama beribadah haji. Jemaah diminta untuk menghindari membawa barang bawaan yang tidak ada kaitannya dan tidak mendukung mereka dalam beribadah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: