Banyak Korban Terserempet Kereta, Pemukiman di Bantaran Rel Jadi Evaluasi

Banyak Korban Terserempet Kereta, Pemukiman di Bantaran Rel Jadi Evaluasi

Ilustrasi kecelakaan kereta api-Pixabay-

JAKARTA. DISWAY.ID-- Terkait banyaknya korban tewas akibat terserempet Kereta diduga karena banyaknya pemukiman yang berdiri di bantaran Rel kawasan Jakarta Pusat

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin mengatakan seharusnya pemerintah melakukan evaluasi hal ini untuk menekan angka kecelakaan akibat terserempet kereta.

BACA JUGA:Penyidik Kantongi Bukti Mario Dandy Cabuli AG

"Tentunya menjadi evaluasi kami bersama juga dengan dibutuhkan langkah dimulai dari preemptive dan preventif untuk bisa diminimalisir, Sehingga bisa menekan jumlah korban akibat dari kecelakaan di sekitar rel kereta api.” ujar Komarudin dalam keterangannya dikonfirmasi, Sabtu 27 Mei 2023.

Komarudin mengatakan pihaknya sudah mendata banyak warga di wilayah Jakarta Pusat yang tinggal di kawasan rel kereta api, kesadaran warga akan keselamatan yang minim juga menjadi dorongan faktor banyaknya korban tewas akibat terserempet kereta.

BACA JUGA:KKB Mengancam! Tak Akui Kemerdekaan Papua, Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens Bakal Ditembak, Pangdam Cendrawasih: Kami Tak Ingin Pertumpahan Darah!

"Yang dulunya bukan permukiman penduduk, sekarang sudah menjadi permukiman penduduk, sehingga aktivitas masyarakat lebih sering untuk melewati rel kereta," jelasnya.

Kemudian di wilayah Jakarta Pusat juga Komarudin katakan banyak perlintasan kiat yang tidak disertai dengan palang pintu penggalang yang juga banyak menelan korban jiwa dan tingginya risiko terjadinya tabrakan di sekitar rel.

BACA JUGA:Spesifikasi Lengkap Alva Cervo, Tampilan Ganas, Tenaga Responsif

"Salah satu contohnya adalah banyak sekali perlintasan liar, yang tidak dilengkapi dengan palang pintu kereta api," tambahnya.

Dalam menekan angka kecelakaan yang melibatkan KRL, Komarudin mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk membicarakan banyaknya perlintasan liar di bantaran rel yang membuat rawan kecelakaan.

BACA JUGA:Polda Metro Naikkan Status Laporan AG Soal Dugaan Pencabulan Mario Dandy, Kombes Hengki: Penyidik Punya Bukti

"Nah, ini yang juga selalu kami koordinasikan dengan PT KAI untuk menyikapi hal tersebut, Sehingga tidak jarang kecelakaan yang terjadi di palang pintu kereta," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: