KKB Mengancam! Tak Akui Kemerdekaan Papua, Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens Bakal Ditembak, Pangdam Cendrawasih: Kami Tak Ingin Pertumpahan Darah!

KKB Mengancam! Tak Akui Kemerdekaan Papua, Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens Bakal Ditembak, Pangdam Cendrawasih: Kami Tak Ingin Pertumpahan Darah!

Foto pilot Susi Air bersama KKB tersebar yang semakin mamastikan bahwa pilot asal Selandia Baru tersebut disandera oleh KKB Nduga. -tangkapan layar youtube-

JAKARTA, DISWAY.ID - Kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya mengacam menembak pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens jika negara tidak mengakui kemerdekaan Papua dalam waktu dua bulan. 

Hal tersebut disampaikan kelompok kriminal bersenjata pimpinan Egianus Kogoya melalui rilisan video keadaan Philip Mark Mehrtens. 

"Jika itu (negosiasi) tidak terjadi dalam waktu dua bulan mereka mengatakan akan menembak saya," ucap Mehrtens, dikutip dari Reuters pada Sabtu, 27 Mei 2023.

BACA JUGA:Terbongkar! Transaksi Jual beli Senjata KKB di Papua, Mabes Polri: Ditukar Emas 20Gram hingga...

Dalam ungguhan video tersebut, kondisi Mehrtens tampak kurus sambil memegang bendera Bintang Kejora, atau simbol kemerdekaan Papua Barat.

Dalam video unggahan itu Mehrtens juga bersama para anggota KKB lainnya yang mengacungkan senapan.

Sementara di video lainnya ada TPNPB-OPM, Rumianus Wandikbo yang meminta Selandia Baru, Australia, dan negara-negara Barat segera bernegosiasi dengan Indonesia dan kelompok separatis.

"Kami tidak meminta uang. Kami benar-benar menuntut hak kami untuk kedaulatan," tegas Rumianus.

BACA JUGA:Terungkap! Kronologi Tewasnya Praka Jamaludin yang Dibunuh KKB Pimpinan Numbuk Telengan di Papua Tengah: Kepala Dibacok dan Peluru Tembus dari Dagu!

Sementara itu, Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan mengatakan upaya pembebasan pilot Susi Air terus dilakukan oleh aparat gabungan TNI-Polri dengan melibatkan tokoh adat, tokoh agama, pemerintah daerah dan masyarakat setempat. 

"Penanganan pilot Susi Air sedang berjalan. Kita tidak menghendaki ada pertumpahan darah di sini, karena satu tetes pertumpahan darah akan membakar permasalahan yang sangat banyak, sehingga kita akan menekankan komunikasi yang baik," kata Mayjen TNI Izak, Sabtu 27 Mei 2023. 

BACA JUGA:Pimpinan KKB Penembak Bripda Gilang Ditangkap Kepolisian

Selain itu, upaya penegakan hukum terhadap KKB terus dilakukan seperti ilalang karena kelompok bersenjata seperti ilalang yang harus dibasmi.

"Sehingga hal itu tidak mengganggu aktivitas pembangunan di Papua," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: