Tutup Ruang Gerak Mafia Tanah, BPN Minta Warga Manfaatkan Aplikasi Layanan Resmi Ini

Tutup Ruang Gerak Mafia Tanah, BPN Minta Warga Manfaatkan Aplikasi Layanan Resmi Ini

Aplikai Sentuh Tanahku-ilustrasi-Berbagai sumber

JAKARTA, DISWAY.ID - Aplikasi mobile kini telah menjadi alat yang efektif untuk mempermudah berbagai aktivitas sehari-hari, tak terkecuali dalam meredam sengketa tanah dan persoalan lainnya yang muncul di Kota Depok, Jawa Barat. 

Salah satu aplikasi yang memiliki manfaat besar yakni “Sentuh Tanahku”. Warga Kota Depok juga dapat memanfaatkan beragam aplikasi lain yang telah disiapkan. 

Seperti GISTARU, Loketku, Sigtora, bahkan terkait alur berkas sampai di mana pun dapat diketahui secara real time lewat aplikasi yang tersedia.

BACA JUGA:Catat! 10 Syarat Ajukan Permohonan Sertifikat Tanah Wakaf ke BPN

Nah, dari sederet aplikasi yang disiapkan, semangatnya membantu, melayani, dan menjadi solusi bagi masyarakat dari beragam pertanyaan yang kerap muncul tanpa harus mendatangi Kantor BPN Kota Depok. 

“Aplikasi Sentuh Tanahku misalnya, aplikasi ini mudah diakses. Warga Kota Depok bisa langsung membuka aplikasi itu dengan cara melakukan registrasi akun menggunakan alamat email,” kata Indra Gunawan usai berdialog dengan jajaran pengurus DPD PSI Kota Depok, Senin, 29 Mei 2023.

Setelah registrasi berhasil, sambung Indra, silahkan masuk dengan akun yang sudah terdaftar. Lalu pilih menu Cek Berkas BPN Online. 

BACA JUGA:Kepala BPN Depok Indra Gunawan Ingatkan Jajarannya Komitmen Tertib Arsip

Selanjutnya, pilih opsi info sertifikat. Dengan kemudahan akses informasi tanah inilah, kepemilikan tanah dapat diketahui. 

“Cukup dengan smartphone atau perangkat lain yang terhubung ke internet, warga Kota Depok dapat mengakses basis data yang terintegrasi dengan sistem pendaftaran tanah,” ujarnya.

Setelah itu, kata Indra, publik akan melihat informasi apa saja di dalamnya. Mulai dari nama pemilik tanah, luas tanah, status kepemilikan, dan informasi lainnya yang relevan. 

Proses ini sangat efisien, mengingat sebelumnya orang harus pergi ke kantor pertanahan untuk mendapatkan informasi tersebut.

Lalu, apa manfaat lain dari aplikasi Sentuh Tanahku?

Salah satunya yakni menghindari sengketa tanah yang kerap jadi polemik menahun di tengah masyarakat Kota Depok. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: