Ada 150.000 Hingga 200 Ribu Penumpang Transit di Stasiun Manggarai, KAI Siapkan Kereta Feeder

Ada 150.000 Hingga 200 Ribu Penumpang Transit di Stasiun Manggarai, KAI Siapkan Kereta Feeder

KAI Commuter memberlakukan aturan baru terkait pembelian tiket KA Commuter atau KA Lokal di empat stasiun di Jawa Barat. Pembelian tiket saat ini telah berlaku pakai aplikasi KAI Access-reza-

JAKARTA, DISWAY.ID-- PT KAI mencatat ada 150 ribu hingga 200 ribu penumpang transit per hari di Stasiun Manggarai. Adapun jumlah rata-rata penumpang di jam-jam sibuk sekitar 180 ribu orang.

"Sekarang ini, in average kami bisa melayani 150 ribu sampai 200 ribu orang yang transit di Stasiun Manggarai. Pasti dengan meningkatnya volume penumpang, penumpang yang akan transit di Stasiun Manggarai juga akan meningkat," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba saat ditemui di kantornya, Senin, 29 Mei 2023.

BACA JUGA:Guo Borgol

Anne mengatakan sejumlah langkah antisipasi juga telah disiapkan oleh PT KAI untuk mengurai kepadatan penumpang. 

Seperti penyiapan feeder (angkutan tambahan) dan memperkecil headway (waktu tunggu penumpang) agar kepadatan berkurang.

"(Kami) tetap menyiapkan feeder-feeder yang kami berangkatkan dari (Stasiun) Bukit Duri, itu bisa 15 hingga 17 perjalanan," ujar Anne.

Adapun langkah selanjutnya yaitu dengan mengurangi flow pengguna untuk menuju peron 5/6 dan 7/8. Ia mengatakan pengurangan flow itu dilakukan dengan pembangunan tangga.

"Ada tangga-tangga alternatif seperti menuju peron 5 dan 6 juga 7 dan 8, kami sudah siapkan supaya orang tidak menumpuk di tengah tapi bisa mengisi ujung-ujung peron yang ada di Stasiun Manggarai," jelas Anne.

BACA JUGA:Mantan Kabais Ngamuk Dengar Ancaman OPM Papua: Kalau Mau Tembak Saja Sanderanya!

Selanjutnya, menyiapkan switch over 7. Meski demikian, Anne mengatakan opsi ini masih dikaji lebih dalam dan hanya akan digunakan jika kepadatan penumpang sudah parah.

"Kami melihat saat ini dilakukan pengembangan, di Gapeka (Grafik Perjalanan Kereta) 2023 ini ditargetkan KRL juga bisa melayani di peron 3 dan 4. Tetapi per tanggal 1 Juni, kami masih melayani di peron 6 dan 7 (Line Bekasi-Cikarang)," ujar Anne.

Dengan begitu, dia berharap bisa membantu flow penumpang. Ditambah, kata dia, persiapan untuk peron 3 dan 4 di Stasiun Manggarai. Sebagai informasi, peron 3 dan 4 tengah dalam perbaikan.

BACA JUGA:Terungkap! Tujuan Mahfud MD Bentuk Tim Percepatan Reformasi Hukum: Sebenarnya...

"Mudah-mudahan dalam 1 sampai 2 bulan ke depan, 3 dan 4 sudah siap beroperasi sehingga area transit di Stasiun Manggarai bisa lebih luas," tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: