Tips Aman Berkendara Lewati Tanjakan dan Turunan Pakai Motor Matik

Tips Aman Berkendara Lewati Tanjakan dan Turunan Pakai Motor Matik

Tips Aman Berkendara Lewati Tanjakan dan Turunan Pakai Motor Matik-Yamaha-

Untuk bisa mendapatkan kecepatan yang ideal tersebut, salah satu caranya adalah menjaga jarak dengan pengendara yang ada di depan sehingga pegendara punya ruang untuk berakselerasi. 

BACA JUGA:Begini Cara Mengetahui WA Disadap serta Mencegahnya

Jika jalan menanjak disertai dengan tikungan berkelok yang tajam, pilih sisi jalur yang landai dan sebisa mungkin kurangi pengereman untuk menjaga laju kecepatan ideal tersebut.

 Jika ingin mengurangi kecepatan, lebih disarankan melakukan deselerasi dengan menutup gas. Hal lain yang perlu diperhatikan ketika menanjak dengan motor Matic adalah hindari berakselerasi dengan membuka-tutup gas secara agresif dan berulang-ulang. 

Karena kondisi ini bisa menyebabkan mesin menjadi lebih panas (overheat) sehingga berpontensi merusak komponen yang ada di dalam mesin. 

BACA JUGA:54 WNI Korban Perdagangan Orang di Filipina Segara Dipulangkan, Polri Bocorkan Jadwalnya

Terkait dengan postur berkendara, pada saat melewati jalanan menanjak yang cukup curam sebaiknya pengendara lebih mencondongkan badan ke arah depan. 

Hal ini bertujuan agar beban berpusat kebagian depan untuk menghindari roda depan motor terangkat (standing).

Turunan 

Sementara itu ketika menghadapi jalan turunan, hal pertama yang harus diperhatikan oleh pengendara adalah jangan membawa beban berlebih dan menjaga jarak aman dengan pengendara yang ada di depan untuk mengantisipasi rem mendadak.

BACA JUGA:Dua Kali Gagal Berumah Tangga, Ini Pesan Sule Untuk Rizky Febian yang Akan Menikah: Sampai Akhirlah Sama Pasangan

Selain itu, jaga laju kendaraan tetap pada kecepatan yang bisa dikontrol dan lakukan pengereman se-efisien mungkin, karena jika pengendara melakukan rem secara terus menerus akan membuat peranti rem menjadi cepat panas dan berpotensi terjadinya rem blong. 

Untuk postur berkendara sendiri, pada saat dijalanan menurun yang curam posisi badan lebih baik dicondongkan kebelakang untuk mengindari roda belakang motor terangkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: