250 Polisi Lalu Lintas Amankan Formula E di Ancol

250 Polisi Lalu Lintas Amankan Formula E di Ancol

Kesuksesan gelaran Formula E 2022 di Sirkuit Formula E Ancol membuat FIA kembali menunjuk Jakarta sebagai tuan rumah Formula E 2023. Foto: Aritsah Almudatsir/JawaPos --

JAKARTA, DISWAY.ID-- Sebanyak 250 personel Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dikerahkan guna mengamankan jalannya balapan Formula E 2023 di kawasan Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Jakarta Utara pada tanggal 3-4 Juni 2023.

"Totalnya ada 250 personel yang terdiri dari 180 personel Mako Dit (Lantas Polda Metro Jaya) dan 70 personel Satlantas (Polres Jakarta Utara)," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman kepada wartawan, Sabtu, 3 Juni 2023.

BACA JUGA:Alan Walker Masuk Deretan Pemusik Papan Atas yang Akan Hibur Penonton Formula E Jakarta 2023

Selain itu, Polda Metro juga akan menyiapkan mobil derek dan tim urai kemacetan.

Kendaraan derek akan ditempatkan di TL Bintang Mas dan Jembatan Goyang. Sedangkan 1 tim urai ada di TL Pasir Putih. 

Pihak kepolisian juga menyiapkan skema pengalihan arus lalu lintas dari situasi merah baik di arteri maupun dalam tol, kuning, dan hijau.

"Ada kategori hijau, kuning, dan merah," kata Latif. 

Latif menjelaskan, untuk kategori hijau menandakan jika kendaraan masih tertampung pada kantong parkir dalam Ancol. Selain itu, sirkulasi lalu lintas baik di dalam maupun di luar Ancol berjalan normal. 

BACA JUGA:Lionel Messi Mau ke Jakarta, Media Malaysia Malah Ingatkan Gelagat Suporter Indonesia

Sementara itu, arus lalu lintas dikategorikan kuning jika kantong parkir dalam Kawasan Ancol sudah penuh. Kemudian, sebagian jalan di dalam Ancol sudah digunakan sebagai lokasi parkir. Lalu, antrian menumpuk di pintu masuk kawasan Ancol radius 100-500 meter. 

"Untuk kategori kuning dilakukan pengalihan arus lalin di setiap pintu masuk Ancol, Jembatan Hailay, lampu lalu lintas Bintang Mas, lampu lalu lintas Pasir Putih dan Jembatan PLTU arah ke pintu Karnaval," ucap Latif.

Kemudian parkir diarahkan ke kantong parkir cadangan yaitu sekitaran Kemayoran. Ketiga, dari arah tol: keluar Ancol Barat ditutup dialihkan ke arah Kemayoran.

"Sedangkan, arus lalu lintas dikategorikan merah apabila kantong parkir dalam kawasan Ancol sudah penuh. Kemudian, sebagian jalan dalam kawasan sudah dijadikan sebagai lokasi parkir, " kata Latif.

BACA JUGA:Reaksi Lionel Messi Resmi Masuk 27 Pemain Argentina Lawan Indonesia Bikin Heboh, Berikut Daftar Lengkapnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: