1 Juta Lowongan CPNS dan PPPK 2023 Segera Dibuka, Cek Perinciannya

1 Juta Lowongan CPNS dan PPPK 2023 Segera Dibuka, Cek Perinciannya

Pendaftaran CPNS 2023--Foto: (sscasn.bkn.go.id)

JAKARTA, DISWAY.ID-- Dalam beberapa bulan ke depan, Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) membuka sebanyak 1,030 juta lowongan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN).

Jumlah sebanyak tersebut terdiri dari formasi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) dan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja).

Adapun waktu perekrutan 1.030.000 CPNS dilaksanakan pada bulan September 2023 yang sebelumnya sempat dijadwalkan pada akhir Juni ini.

BACA JUGA:Lionel Messi Tak Jodoh, Al Hilal Goda Neymar Dengan Gaji Rp 3,19 Triliun

BKN (Badan Kepegawaian Negara) saat ini masih dalam tahap validasi jumlah usulan formasi yang masuk untuk progress rekrutmen CPNS dan PPPK tersebut.

Menpan RB, Abdullah Azwar mengungkapkan, pihaknya telah mendapati bahwa terdapat 6 instansi pusat dan 45 instansi daerah yang tidak mengusulkan formasi ASN pada tahun 2023.

Pemerintah, dikatakan Abdullah Azwar, telah menyediakan kouta formasi ASN di tahun 2023 lebih banyak dibandingkan pada tahun 2021 dan 2022.

Namun masih ada instansi belum mengusulkan formasi untuk rekruetmen CPNS 2023.  

Padahal usulan formasi ASN sangatlah penting dalm proses rekrutmen, sebab untuk menyiapkan anggaran Negara.

"Masih ada beberapa instansi dengan surat yang sudah kita kirim tetapi mereka belum juga mengirim usulan untuk formasi CPNS di 2023. Dan total yang akan kita rekrut sementara ada 1.030.000 orang di 2023," kata Azwar di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 12 Juni 2023.

BACA JUGA:Aturan Terbaru Protokol Kesehatan di Masa Transisi Endemi Covid-19

Mantan Bupati Banyuwangi ini menjelaskan, dari total 1,030 juta, sekitar 80% diperuntukkan untuk non ASN atau PPPK dan 20% diperuntukkan untuk fresh graduate.

"Fresh graduate ini apa saja sekarang masih kami utamakan yang talenta digital. Tentu nanti yang fresh graduate ini kriterianya akan sangat tinggi kualifikasinya untuk mengisi tempat-tempat yang memang dibutuhkan oleh kementrian lembaga dan pemerintah daerah di seluruh Indonesia," kata Azwar.

Menpan RB berharap rekrutmen CPNS tahun 2023 selesai pada tahun ini, mengingat kurangnya sumber daya manusia dalam sector pelayanan publik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: