Curah Hujan Meningkat, BNPB Ingatkan Waspada Bencana Longsor!

Curah Hujan Meningkat, BNPB Ingatkan Waspada Bencana Longsor!

BANGUNAN PORAK PORANDA diterjang tanah longsor di Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Selasa, 7 Maret 2023.-DISKOMINFO NATUNA VIA AFP-

JAKARTA, DISWAY.ID - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberi imbauan kepada seluruh masyarakat untuk siaga dan waspada bencana longsor.

"BNPB mengimbau seluruh warga yang tinggal di wilayah rawan bencana khususnya longsor untuk lebih meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan," kata Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari seperti dilansir Antara, Sabtu 17 Juni 2023.

Muhari juga mengimbau, agar masyarakat bisa menanam tumbuhan berbasis ekologi agar dapat memperkuat struktur tanah agar longsor bisa dihindari.

BACA JUGA:Edan! Cara 4 Bocah SD dan SMP Ini Bunuh Orang Bikin Geleng-Geleng Kepala, Diikat Lalu Dibakar

"Dengan penanaman tersebut, diharap dapat meminimalkan potensi risiko di wilayah rawan longsor," ujarnya.

Sebelumnya, bencana longsor terjadi di kota Ambon, Maluku pada Kamis 15 Juni 2023 yang menyebabkan 121 rumah dan satu sekolah rusak.

Longsor yang terjadi disebabkan intensitas hujan yang meningkat di wilayah Kecamatan Nusaniwe, Sirimau, Teluk Ambon, Teluk ambon Baguala, dan Leitimur Selatan sejak 29 Mei 2023. 

BACA JUGA:Penonton Kecewa! Messi Pilih Liburan Ketimbang ke Indonesia, Singgung Sikap Cristiano Ronaldo!

Hujan menyebabkan struktur tanah yang labil tak mampu menahan intensitas air yang cukup tinggi.

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB mencatat peristiwa tersebut berdampak kepada 35 Kepala Keluarga (KK) atau 495 jiwa di Kelurahan Latulahat, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: