Adem! Perbedaan Puasa Arafah Ikut Arab Saudi atau Indonesia? Ini Fatwa Syekh Muhammad Jaber: Ini Perbedaan Antara Ulama, yang Penting...

Adem! Perbedaan Puasa Arafah Ikut Arab Saudi atau Indonesia? Ini Fatwa Syekh Muhammad Jaber: Ini Perbedaan Antara Ulama, yang Penting...

Adik Syekh Ali Jaber rahimahullah, Muhammad Jaber membolehkan sikat gigi saat puasa Ramadan-Foto/Tangkapan Layar/YouTube-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Permasalahan perbedaan puasa Arafah masih menjadi topik hangat bagi umat Islam di Indonesia.

Bagaimana tidak, ada kebingungan di tengah umat Muslim Indonesia mengenai pelaksaan puasa Arafah pada 9 Dzuhiljjah 1444 Hijriyah.

Masalahnya adalah terjadi perbedaan hari puasa Arafah antara penetapan pemerintah Indonesia dengan Arab Saudi.

BACA JUGA:Ustaz Adi Hidayat Jawab Kebingungan Jalani Puasa Arafah Tapi Masih Utang Puasa Ramadhan: Mengganti yang Wajib jadi Hukum Wajib

Sebagaimana diketahui, pemerintah Indonesia telah menetapkan Idul Adha 2023 atau 10 Dzulhijjah jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023.

Sedang di Mekkah, Arab Saudi, pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah menetapkan 10 Dzulhijjah jatuh pada Rabu, 28 Juni 2023.

Sehingga pelaksanaan hari untuk puasa Arafah pada 9 Dzulhijjah terjadi perbedaan, hari Rabu 28 Juni 2023 di Indonesia atau Selesa 27 Juni 2023 di Mekkah.

Menanggapi masalah ini, adik Syekh Ali Jaber, Muhammad Jaber memberikan penjelasan cukup jelas.

BACA JUGA:Ustaz Adi Hidayat Luruskan Kekeliruan Puasa Arafah Bisa Hapus Dosa Setahun Kedepan: Yang Paling Menarik

Penceramah asal Madinah, yang bermukim di Indonesia ini membolehkan umat Islam untuk menentukan pilihannya.

Berikut penjelasan Syekh Muhammad Jaber, seperti dikutip Disway.id dari akun resmi Instagramnya, Senin, 26 Juni 2023 malam.

"Bismillah, puasa Arafah, besok hari Selasa tanggal 27 Juni 2023 atau tanggal 28 Juni 2023 hari Rabu, yang benar yang mana?

"Itu perbedaan antara ulama. Insya Allah dua-duanya benar. 

BACA JUGA:Bacaan Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah Jelang Idul Adha 2023, Keutamaannya Bisa Hapus Dosa Selama Satu Tahun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: