Tradisi Ngagurah Dano Desa Wisata Cikolelet di Banten Digelar Agustus

Tradisi Ngagurah Dano Desa Wisata Cikolelet di Banten Digelar Agustus

Tradisi ngagurah dano desa wisata Cikolelet.-ist-

SERANG, DISWAY.ID-- Masyarakat bantaran Sungai Cidano di Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, bakal gelar Tradisi Ngagurah Dano Desa Wisata Cikolelet.

Sekira 4.000 ekor ikan Nila dan Emas akan ditebar dalam ajang yang merupakan rangkaian event Festival Desa Wisata Cikolelet atau FDWC 2023 tersebut.

FDWC 2023 akan digelar lebih dari satu bulan, yakni pada 9 Agustus hingga 17 September 2023.

BACA JUGA:Kuy, Liburan ke Pulau Bintang Kepulauan Seribu Jakarta

Sedangkan untuk tradisi Ngagurah Dano akan digelar pada 20 Agustus 2023.

Ngagurah Dano merupakan tradisi peninggalan nenek moyang masyarakat bantaran Sungai Cidano yang sudah dilakukan secara turun temurun.

Tradisi itu berupa aktivitas masyarakat yang berbondong-bondong terjun ke dasar Sungai Cidano untuk mencari ikan dengan peralatan tradisional.

Tradisi ini biasanya dilakukan ketika debit air Sungai Cidano menurun.

Kepala Desa Cikolelet Ojat Darojat mengatakan, pihaknya akan menebar 4.000 ekor ikan nila dan emas untuk event tersebut.

“Kita sudah ajukan ke Dinas Perikanan 800 kilogram ikan atau setara 4.000 ekor,” katanya kepada radarbanten (Disway National Network)

BACA JUGA:Top! Pegadaian Kembali Raih Predikat 'Best Company to Work di Asia'

Ribuan ikan itu, kata Ojat, akan ditebar pada malam hari sebelum pelaksanaan kegiatan Ngagurah Dano. “Supaya ikannya tidak ada yang mengambil terlebih dahulu,” ujarnya.

Ojat mengatakan, pihaknya menargetkan ada 7.000 peserta yang akan mengikuti kegiatan tersebut. Baik itu warga lokal maupun wisatawan dari luar daerah.

FDWC 2023 akan digelar lebih dari satu bulan, yakni pada 9 Agustus hingga 17 September 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: