Gelombang Tinggi dan Angin Kencang, Banyak Perahu Nelayan Bersandar Terseret Ombak

Gelombang Tinggi dan Angin Kencang, Banyak Perahu Nelayan Bersandar Terseret Ombak

BMKG mewanti-wanti cuaca beberapa hari ke depan karena dampak Siklon Tropis Doksuri-Ilustrasi/Gelombang tinggi/Freepik-

LEBAK, DISWAY.ID-Gelombang tinggi mencapai 4 meter dalam beberapa hari ini menerjang pesisir pantai di LEBAK selatan. 

Karenanya, para nelayan untuk mewaspadai ancaman gelombang tinggi dan angin kencang.

“Saat ini gelombang laut pantai di Lebak selatan tengah tinggi, banyak perahu nelayan yang bersandar terseret ombak. Saya mengimbau kepada warga, pengelola wisata pantai untuk meningkatkan kewaspadaan terlebih nelayan untuk waspada dan hati-hati saat melaut,” kata ketua Balawasita Kabupaten Lebak AM Erwin Komarsukma, Kamia 6 Juli 2023.

BACA JUGA:Cuaca Buruk, Nelayan Diminta Waspada saat Mencari Ikan ke Laut Lepas

Dengan konsisi gelombang tinggi seperti saat ini, kata Erwin sebaiknya tidak melaut sampai ketengah, karena akan sangat berbahaya.

“Tentunya, meskipun memaksakan diri melaut. Tapi, tidak sampai ke tengah laut untuk menghindari ancaman gelombang tinggi,” ujar mantan anggota DPRD Lebak ini.

Terpisah Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Febby Rizky Pratama mengimbau para nelayan dan warga di sekitar pesisir pantai Lebak selatan untuk mewaspadai ancaman gelombang tinggi dan angin kencang yang terjadi dalam beberapa hari terakhir ini.

Badan Metreologi dan Geo Fisika (BMKG) Banten, kata dia telah mengeluarkan peringatan dini potensi terjadi hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Lebak bagian Utara dan Timur

BACA JUGA:BMKG Peringatkan Soal Gelombang Tinggi 6 Meter, Wilayah Ini Berpotensi Terdampak?

“Ya, kami sudah ingatkan kepada nelayan untuk berhati – hati ancaman gelombang tinggi sampai 4 sampai 6 meter di perairan selatan banten dan laut Samudera hindia selatan Banten,” kata Febby.

Dia mengatakan, pihaknya telah meminta petugas di setiap kecamatan di pesisir Lebak selatan untuk terus meng-update laporan cuaca dan juga laporan garis sepadan pantai.

Dia menyarankan, para nelayan agar melaut saat cuaca aman serta tidak lupa membawa perlengkapan keselamatan, seperti pelampung.

“Ya, nelayan sudah sangat paham dengan kondisi laut, namun kami tetap mengimbau agar nelayan melaut dengan aman. Selama tidak melaut nelayan dapat memperbaiki alat tangkap ikan yang rusak,” katanya.

Ombak Meluap Menyapu Area Wisata Pantai Bagedur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Radar Banten