Reaksi 'Ahlinya' Ahli Rumput Soal Ribut JIS Kubu Anies Baswedan dan Erick Thohir

Reaksi 'Ahlinya' Ahli Rumput Soal Ribut JIS Kubu Anies Baswedan dan Erick Thohir

Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat inspeksi Jakarta International Stadium (JIS) untuk diajukan sebagai venue Piala Dunia U-17 2023.-Tangkapan layar-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Ribut-ribut soal rumput Jakarta Internasional Stadium (JIS) menyeret polemik kubu Anies Baswedan atau pendukung mantan gubernur DKI Jakarta itu dengan kubu Erick Thohir yang mendukung adanya renovasi JIS sebagai venue Piala Dunia U-17 2023.

Adanya rumput JIS yang diributkan, publik terbelah bahwa yang digunakan tidak sesuai standar FIFA dan kubu lainnya menganggap sudah hasil rekomendasi FIFA. 

BACA JUGA:'Monggo' Kata Anies Baswedan, Tapi Erick Thohir Malah Bingung Ada Ribut-Ribut Rumput JIS

Kubu Anies Baswedan melihat ributkan rumput JIS, lebih sekadar politis dan cenderung merusak citra Capres 2024 tersebut.

Terkait ribut-ribut rumput JIS, seorang 'Ahlinya' Ahli Rumput, Qamal Mustaqim mengungkapkan rumput JIS terdapat permasalahan.

Ia selaku ahli telah bersama tim inspeksi sejumlah kementerian mendatangi JIS dan melihat langsung.

Chairman Karya Rama Prima ini menyebut permasalahan itu terkait jenis rumput yang tidak sesuai dengan penanamannya, akar rumputnya, hingga pencahayaan yang kurang maksimal terhadap rumput di dalam stadion.

Menurutnya, rumput ini jenisnya japonica.

BACA JUGA:Ributkan Rumput JIS, Erick Thohir Disentil PKS: Gengsi Mengakui Kehebatan Karya Gubernur Anies Baswedan

"Cuma ditanamnya di karpet sintetis, ini yang jadi masalah hanya itu saja. Medianya terlalu dangkal sehingga akar tidak tembus ke bawah," ungkap Qamar seperti diunggah di akun TikTok Langkat TV.

"Air tidak terpenuhi karena akarnya dangkal, mataharinya tidak cukup, itu saja masalahnya," imbuh Qamar.

Sedangkan permasalahan lain terkait sistem pencahayaan untuk rumput JIS yakni pada daerah sisi selatan stadion hanya setengahnya saja terkena sinar Matahari.

"Dari jam 9 pagi sampai jam 2, selebihnya tidak kena matahari, itu masalahnya di sini," ujarnya.

Qamar melihat jenis rumput JIS sama dengan yang dipakai di Stadion Jalak Harupat, Bung Tomo, dan Palembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: