Reaksi 'Ahlinya' Ahli Rumput Soal Ribut JIS Kubu Anies Baswedan dan Erick Thohir

Reaksi 'Ahlinya' Ahli Rumput Soal Ribut JIS Kubu Anies Baswedan dan Erick Thohir

Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat inspeksi Jakarta International Stadium (JIS) untuk diajukan sebagai venue Piala Dunia U-17 2023.-Tangkapan layar-

BACA JUGA:Erick Thohir Mau Renovasi JIS, Pendukung Anies Baswedan Diminta PAN Terima Kasih

"Sama itu jenisnya japonica," imbuhnya.

Ahli rumput ini juga memberikan solusi untuk permasalahan rumput JIS.

"Solusinya, sudah kita usulkan ke Pak Menteri (PUPR) bahwa yang bisa dilakukan memindahkan lapangan yang sudah jadi, salah satunya dari lapangan golf, yang mungkin kalau Bapak-Ibu mengikuti pekerjaan kami di GBK, Asian Games 2018, itu memindahkan dari lapangan golf, itu yang bisa dilakukan. Kalau rusak kita harus ganti langsung secara soding namanya. Itu solusi paling dekat karena 3 bulan. Kalau jangka panjang ganti rumput yang tahan soding," jelas Qamar.

Publik yang mendukung renovasi JIS sebagai venue Piala Dunia U-17 2023, wajar menganggap rumput JIS disebut tidak standar FIFA, karena belum banyak yang menggunakan dan pihak FIFA sendiri belum memberikan penilaian.

BACA JUGA:Ditemukan Alat Bukti Hingga Kasus Pimpinan Al Zaytun Panji Gumilang Naik Penyidikan, Karopenmas Beri Penjelasan

Namun informasi dihimpun, rrumput yang digunakan JIS ini disebut merupakan merujuk hasil rekomendasi FIFA yakni penggunaan rumput Hybrid.

Di mana, berdasarkan dokumen FIFA Quality Programme For Football Turf, ada beberapa jenis rumput yang dapat digunakan untuk stadion sepak bola. Di antaranya, natural turf (rumput alami), Hybrid alami, Hybrid sintesis dan sintesis 

Di Indonesia, JIS merupakan stadion pertama kali yang menggunakan rumput Hybrid JIS.

Adapun komposisi rumput hybrid JIS meliputi 5 persen rumput sintetis berjenis limonta dari Italia dan 95 persen rumput alami berjenis Zoysia matrella dari Boyolali, Jawa Tengah.

Pemasangan pertama kali rumput Hybrid di JIS dilakukan pada Minggu, 19 September 2021.

BACA JUGA:Ternyata Pimpinan Al Zaytun Panji Gumilang Pernah Dihukum 10 Bulan Penjara

Lapangan rumput Hybrid JIS pernah digunakan dalam laga Barcelona U-18 dan Atletico Madrid U-18.

Di Eropa, rumput jenis Hybrid telah digunakan sejumlah stadion terkemuka seperti Allianz Arena Stadium milik klub sepakbola Jerman Bayern Munchen, Wanda Metropolitano Stadium di Madrid, hingga Tottenham Hotspur Stadium di London.

Untuk persisnya terkait standar FIFA, kubu Anies Baswedan mengingatkan agar Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI sebaiknya mengajukan dulu stadion-stadion untuk venue Piala Dunia U-17 dan menyerahkan penilaian sepenuhnya kepada FIFA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: