BRIN Klaim Dapat Hasil Penelitian Nikuba Temuan Aryanto Misel, Ternyata Begini Hasilnya

BRIN Klaim Dapat Hasil Penelitian Nikuba Temuan Aryanto Misel, Ternyata Begini Hasilnya

Nikuba yang merupakan penemuan Aryanto Misel tak dianggap oleh BRIN saat dunia kembangkan teknologi hidrogen sebagai energy masa depan.-@Aryantomisel-Instagram

JAKARTA, DISWAY.ID -- Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengklaim telah mendapat hasil penelitian awal terhadap Nikuba temuan Aryanto Misel di Cirebon.

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko mengatakan timnya telah mengetahui Nikuba sejak alat konversi air menjadi bahan bakar itu viral tahun lalu.

Sejak saat itu, BRIN telah mengirim tim untuk melakukan penelitian pada Nikuba, mengingat klaim Aryanto Misel, alat tersebut jadi alternatif pengganti bahan bakar minyak (BBM) dengan media air.

BACA JUGA:Dilirik Internasional, BRIN Bakal Fasilitasi Penelitian Nikuba: Banyak yang Harus Disempurnakan!

Hasil Penelitian BRIN

Laksana menjelaskan, setelah mendapat data penelitian timnya, BRIN menilai Nikuba perlu dilakukan riset lebih lanjut untuk penyempurnaan.

"Nikuba sudah kita ketahui sejak tahun lalu dan kami sudah mengirim tim ke sana untuk melihat. Dari asesmen tim perlu ada riset lanjutan," bebernya, dikutip Jumat, 7 Juli 2023.

Laksana mengaku, BRIN telah mengajak Aryanto Misel untuk melakukan pengembangan bersama terhadap Nikuba yang belakangan dilirik Ferrari hingga Lamborghini.

Pihak BRIN ingin kemampuan teknologi Nikuba yang dapat mengubah air menjadi bahan bakar hidrogen itu dapat dibuktikan secara ilmiah.

BACA JUGA:Diakui Ferrari Dulu Baru BRIN Lirik Nikuba, Ajak Aryanto Misel Kembangkan Bareng

"Itu salah satu yang sedang kita ajak supaya bisa dibuktikan secara saintific. Itu dulu yang nomor satu," beber Laksana.

Jika teknologi Nikuba ini perlu disempurnakan, BRIN siap melakukannya secara bersama-sama.

"Sehingga kalau ada penyempurnaan ya kita sempurnakan bersama-sama karena Nikuba itu basically hidrogen, bahan bakar berbasis hidrogen. Memang banyak penemuan dan sebagainya," ungkapnya.

BACA JUGA:Begini Cara Kerja Nikuba Konversi Setetes Air Menjadi Hidrogen yang Dapat Digeber Kendaraan Hingga 50 Km: Jangan Salah Kaprah!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: