BMKG Pastikan Potensi Tsunami Akibat Gempa Alaska Tak Berdampak ke Indonesia

BMKG Pastikan Potensi Tsunami Akibat Gempa Alaska Tak Berdampak ke Indonesia

Travel time gempabumi dari pusatnya di barat daya Sand Point, Kepulauan Aleutian, Alaska -Twitter National Tsunami Warning (NSW) -

JAKARTA, DISWAY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengabarkan, bahwa dampak gempa bumi yang mengguncang Semenanjung Alaska pada Minggu 16 Juli 2023 waktu setempat berpotensi Tsunami.

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Darynoyo mengatakan berdasarkan Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) peringatan potensi tsunami hanya untuk Wilayah Alaska.

"Berdasarkan hasil pemodelan tsunami, gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami di wilayah Indonesia, sehingga BMKG tidak mengeluarkan Peringatan Dini Tsunami," kata Daryono dalam keterangannya, Minggu 16 Juli 2023.

BACA JUGA:Gempa 7.4 M Guncang Alaska, Peringatan Tsunami Ancam Pesisir Amerika

Untuk itu, Daryono mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Dari hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo 7,1. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 54,73° LU ; 161,15° BB pada kedalaman 40 km," terangnya.

Menurut Daryono, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi "Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik," ujarnya.

"Hingga hari pukul 14:30 WIB, hasil monitoring menunjukkan empat aktivitas gempa bumi susulan dengan magnitudo terbesar 5,7," tutupnya.

BACA JUGA:Luncurkan Aki Massiv Thunder MF, Rangkul Influencer TikTok Hingga Cosplay

Sebelumnya, gempa magnitudo 7,4 mengguncang Semenanjung Alaska, pada Minggu 16 Juli 2023 pagi waktu setempat, berdasarkan laporan Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS).

Gempa relatif dangkal dengan kedalaman 9,3 km. Akibat gempa, seperti dilaporkan Reuters, AS mengeluarkan peringatan tsunami untuk wilayah Pasifik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: