Fadillah Arbi Aditama Cetak Sejarah, Pembalap Indonesia Pertama yang Menang di Balap JuniorGP, Catalunya

Fadillah Arbi Aditama Cetak Sejarah, Pembalap Indonesia Pertama yang Menang di Balap JuniorGP, Catalunya

Fadillah Arbi Aditama Cetak Sejarah, Pembalap Indonesia Pertama yang Menang di Balap JuniorGP, Catalunya-AHM-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Fadillah Arbi Aditama berhasil menorehkan sejarah balap Indonesia dengan meraih podium tertinggi ajang balap FIM JuniorGP

Untuk pertama kalinya dalam kejuaraan balap di benua Eropa, bendera Merah Putih berkibar paling tinggi diiringi lagu Indonesia Raya pada putaran kelima balap kedua ajang kejuaraan balap dunia junior ini di Circuit de Barcelona-Catalunya pada Minggu, 16 Juli 2023.

BACA JUGA:Pengedar Narkoba Diamankan, 36 Kg Sabu Jadi Barbuk

Arbi berhasil menunjukkan ketangguhan performa balapnya melalui persaingan yang ketat dan menantang dengan 33 pebalap muda potensial lainnya. 

Saat sesi kualifikasi pada Sabtu, 15 Juli 2023, Arbi yang menempati posisi ke-16 atas hasil kualifikasi harus menerima keputusan penyelenggara untuk start dari posisi ke-26 pada balapan pertama. Hal ini ia dapatkan setelah mendapatkan penalti akibat melambat ketika sesi kualifikasi. 

Pada race pertama, memulai jalannya balapan dari baris kesembilan tidak membuat pemuda asal Purworejo, Jawa Tengah ini gentar. 

BACA JUGA:Sidang Ditunda, Lukas Enembe Kembali Dibantarkan Selama 2 Pekan

Start yang bagus membuat pebalap tim pabrikan PT Astra Honda Motor (AHM) tersebut, berhasil melewati pebalap di depannya. 

Beberapa kali Arbi sempat mencoba mendekati posisi 10 besar. Namun ia pun harus puas untuk finish di posisi ke-18 pada balapan pertama. 

Cuaca yang panas dan kelembaban yang tinggi menjadi tantangan tersendiri bagi para pebalap. Arbi memulai jalannya balapan kedua dengan posisi yang lebih baik dibanding saat balap pertama, yakni sesuai dengan hasil kualifikasi pada posisi ke-16. 

BACA JUGA:Karyawan Apartemen Basura Diduga Nekat Bunuh Diri dari Lantai 29

Ia pun tidak menyia-nyiakan hal ini. Ia kembali memulai jalannya balapan dengan sangat baik. Pada race kedua ini, persaingan pebalap sangat rapat, beberapa kali senggolan tak terelakkan dalam ajang balap ini. 

Arbi terus berjuang pada persaingan posisi 10 besar, dan sempat memimpin saat balapaan menyisakan tujuh lap, namun senggolan membuat Arbi terlempar ke posisi 15. Memasuki dua lap terakhir, Arbi dapat bersaing di posisi tiga besar. 

Hal ini pun berlanjut di lap terakhir, perjuangannya semakin ampuh, ia berhasil memimpin balapan. Ketika mendekati garis finish pemuda berusia 18 tahun ini hampir bersamaan menyelesaikan balapan dengan rivalnya, secara catatan waktu terpaut 0,005 detik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: