Pemerintah Segera Pasang Chatra di Stupa Paling Atas Borobudur

Pemerintah Segera Pasang Chatra di Stupa Paling Atas Borobudur

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di hadapan peserta Indonesia Tipitaka Chanting (ITC) 2023 di Komplek Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.-kemenag RI-

Rakornas ini dilaksanakan dalam rangka evaluasi percepatan pengembangan lima DPSP semester I tahun 2023. Adapun lima DPSP terdiri dari Toba, Borobudur, Labuan Bajo-Flores, Mandalika, dan Likupang.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan Borobudur memiliki potensi besar untuk menarik wisatawan. Khususnya, para wisatawan religi Buddha dari dalam dan luar negeri.

"Borobudur ini destinasi yang sangat menarik bagi turis. Kita akan merapikan areal Borobudur. Kabel-kabel nanti akan kita tanam, dan semua arsitektur yang terlibat di tourism destination ini harus mengusung kearifan lokal," kata Luhut.

BACA JUGA:Kapal Pinisi Komersil Resmi Operasi di Danau Toba, Sandiaga Uno: Kenyamanan Buat Wisatawan

Kabar pemasangan Chatra Borobudur kemudian disampaikan oleh Gus Yaqut di hadapan umat Buddha peserta Indonesia Tipitaka Chanting (ITC) 2023 di Komplek Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Kabar tersebut disambut gembira dan gemuruh tepuk tangan dari ribuan umat Buddha di acara tersebut.

"Waaahhh, terima kasih, Pak Menteri !," pekik Wenianti sambil menangkupkan kedua tangannya dengan senyum sumringah.

Menurut perempuan asal Semarang ini, kabar yang disampaikan Menag Yaqut Cholil Qoumas adalah hal yang dinanti-nanti oleh umat Buddha.

"Kami senang sekali. Karena kalau menurut keyakinan ajaran kami, pemasangan Chatra Borobudur akan memberikan energi positif bagi semua," tutur Weni.

"Bukan hanya bagi umat Buddha, tapi juga bagi Indonesia dan dunia. Semoga ini jadi jalan agar kehidupan kita semua semakin membaik," imbuhnya.

BACA JUGA:Momen Bos MTI Rian Mahendra Bisiki Livia Pimpinan Bus Sambodo Ingin Nebeng Ruang Tunggu Ekslusif

Hal senada juga disampaikan umat Buddha asal Semarang Irawati. Menurutnya, pemasangan Chatra akan menambah kesakralan serta kesucian Candi Borobudur.

"Saya sebagai umat Buddha sudah lama merindukan dinaikkannya Chatra. Bagi kami, Borobudur itu lambang pemersatu. Bukan hanya bagi umat Buddha saja tapi juga bagi Nusantara," tutur Irawati.

"Dinaikkannya chatra ini, vibrasinya akan mempengaruhi kehidupan. Itu keyakinan kami. Selama ini Borobudur tanpa Chatra, seperti rumah tanpa atap. Bila chatra dipasang, maka Borobudur ini akan sempurna," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: