Kapal Pinisi Komersil Resmi Operasi di Danau Toba, Sandiaga Uno: Kenyamanan Buat Wisatawan

Kapal Pinisi Komersil Resmi Operasi di Danau Toba, Sandiaga Uno: Kenyamanan Buat Wisatawan

Kapal Pinisi Kenzo Toba yang diresmikan operasinya di Danau Toba.-kemenparekraf-

SIMALUNGUN, DISWAY.ID-- Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno mengunjungi dan meresmikan operasional Kapal Pinisi komersil bernama Pinisi Kenzo Toba di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, Rabu 19 Juli 2023 malam.

Kapal Pinisi Kenzo Toba ini dibangun dengan menggunakan kayu pilihan seperti besi dan kayu jati, yang langsung dipesan dari Daerah Sulawesi, termasuk para pekerja dan tukangnya.

Adapun ukuran Kapal Pinisi Kenzo Toba ini meliputi panjang 42 meter dan lebar 8 meter.

BACA JUGA:Siapkan 3 Desain Haji 2024 Lebih Baik, Dirjen PHU: Kami Mempelajari Banyak Hal

Meski seharusnya Kapal Pinisi berlayar di laut, saat ini Kapal Pinisi telah hadir di Danau Toba, dengan menawarkan sensasi berlayar di perairan dengan panorama keindahan Danau Toba.

Kapal Phinisi pertama di perairan Danau Toba ini dilengkapi dengan fasilitas bintang lima, termasuk ship size 42x7 meter, restaurant & lounge, paddle board, rooftop bar, chiller, entertainment, coffee maker, dan lainnya.

Tersedia empat kamar kabin yang dapat menampung 11 orang tamu, dengan tujuh orang awak kapal, termasuk seorang koki di dalam kapal.

Motif gorga batak menjadi bagian dari desain kapal ini. Begitu juga setiap kabin kamar dinamai sesuai dengan beberapa kabupaten di seputaran Danau Toba.

BACA JUGA:Kominfo Blokir 846.047 Situs Judi Online

"Jadi ini (pinisi) pertama yang akan beroperasi di kawasan wisata Danau Toba. Dan ini adalah fasilitas yang mudah kita temui seperti live on board di beberapa destinasi lain,” kata Sandiaga Uno saat meresmikan operasional Pinisi Kenzo Toba Ruang Terbuka Publik (RTP) Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Sandiaga Uno berharap pinisi tersebut bisa memberikan rasa aman dan kenyamanan wisatawan saat mengelilingi Danau Toba. 

"Saya harapkan Pinisi ini walaupun dibangun dengan penuh kearifan lokal karena ada gorga (seni ukir/pahat batak Toba) dan juga beberapa ornamen yang melambangkan delapan kabupaten kota, namun juga kita pastikan keselamatannya menjadi utama diprioritaskan safety dan kenyamanan buat wisatawan,” kata Sandiaga Uno. 

Hadirnya pinisi di Danau Toba yang dikelola secara profesional juga diharapkan dapat mendukung target capaian kunjungan wisatawan mancanegara sebesar 8,5 juta dapat tercapai. 

BACA JUGA:Sopir Bus PO MTI Pasang Klakson Basuri Diam-Diam, Rian Mahendra Malah Joget-Joget

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: