Pemerintah Segera Pasang Chatra di Stupa Paling Atas Borobudur

Pemerintah Segera Pasang Chatra di Stupa Paling Atas Borobudur

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di hadapan peserta Indonesia Tipitaka Chanting (ITC) 2023 di Komplek Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.-kemenag RI-

MAGELANG, DISWAY.ID-- Pemerintah akan segera pasang Chatra di stupa paling atas Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Pemasangan Chatra Borobudur tersebut disampaikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Pengembangan Lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di Magelang.

Chatra merupakan semacam penutup yang nantinya berada di stupa paling atas Candi Borobudur.

BACA JUGA:Hari Waisak, Jokowi Takjub lihat Biksu Berjalan ke Borobudur: Selamat Memperingati

Chatra berbentuk seperti payung itu saat ini belum dipasang dan masih disimpan di Museum Karmawibhangga Taman Wisata Candi Borobudur.

"Nah, kalau Chatra itu dipasang maka Borobudur ini akan menjadi semakin agung dan lengkap," ujar Gus Yaqut, sapaan karib Menag Yaqut Cholil Qoumas.  

Dia berharap kabar pemasangan Chatra tersebut juga dapat menjadi kabar baik bagi umat Buddha.

"Karena Chatra ini akan memperkuat nilai spiritual Borobudur. Ini juga akan menarik bagi para wisatawan religi," katanya.

Sebelumnya Menag mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Pengembangan Lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di Magelang, Jawa Tengah.

Dalam rapat itu, sebut Gus Yaqut, menyepakati pemasangan Chatra Borobudur.

"Disepakati bahwa Chatra Borobudur akan segera dipasang. Ini menjadi kabar baik bagi umat Buddha dan menjadi daya tarik bagi wisatawan dunia," kata Gus Yaqut, Jumat 21 Juli 2023.

BACA JUGA:Musabaqah Qira`atil Kutub Nasional ke-7 Tahun 2023 Digelar di Lamongan, Kemenag Sediakan Hadiah Rp 2,7 Miliar

Sedangkan Rakornas Pengembangan Lima DPSP dipimpin Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan. Hadir pula dalam Rakornas tingkat menteri ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Menpan RB Abdullah Azwar Anas, dan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto.

Hadir pula para wakil menteri, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, para bupati di lingkup 5 DPSP dan stakeholder terkait lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: