Tersangka TPPO Penjualan Ginjal Blak-blakan Ada Oknum Imigrasi Terlibat, Perannya Ikut Terungkap!

Tersangka TPPO Penjualan Ginjal Blak-blakan Ada Oknum Imigrasi Terlibat, Perannya Ikut Terungkap!

Seorang tersangka Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) jual ginjal menceritakan kisahnya menjadi seorang sindikat.-Istimewa-

JAKARTA, DISWAY.ID - Tersangka kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO) penjualan ginjal, Hanim menyebutkan sosok-sosok yang terlibat.

Secara mengejutkan, ia menyebut ada satu oknum Imigrasi yang ikut terseret dalam kasus TPPO.

Perannya pun diungkap oleh Hanim, oknum Imigrasi tersebut bertugas meloloskan para calon korban TPPO ginjal yang diberangkatkan ke Kamboja dari bandara di Bali.

“Kalau yang di Bali itu kalau nggak salah namanya Andi. Orang Imigrasi,” ujar Hanim di Polda Metro Jaya, dilansir pada Sabtu 22 Juli 2023.

BACA JUGA:Miss Huang Disebut Jadi Pengendali TPPO Jual Beli Ginjal Jaringan Kamboja: Bahasa Indonesianya Lancar

Oknum tersebut diberi uang sekitar Rp 3,5 – 3,7 juta per calon korban TPPO ginjal.

Tujuannya untuk mempermudah proses pemberangkatan dengan tidak memberikan pertanyaan ketika di loket pemeriksaan.

“Menerima dana kalau dari saya sekitaran Rp 3,5 juta atau 3,7 juta untuk melancarkan pemberangkatan. Jadi nggak ada pertanyaan apa-apa anak-anak (calon korban TPPO ginjal) pas di loket dan langsung lolos screening,” kata Hanim.

Selain melalui bandara di Bali, Hanim menyampaikan bahwa pemberangkatan calon korban TPPO ginjal juga dilakukan melalui Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

BACA JUGA:PPATK Bongkar Temuan Kasus TPPO di Sumatra Utara Nilainya Capai Puluhan Triliun Rupiah, Penegak Hukum Disebut Terlibat!

Namun untuk pemberangkatan melalui Bandara Soetta, mereka para calon korban diberangkatkan dengan menggunakan travel.

“Saya taunya kalau Septian kalau berangkat dari (Bandara) Soekarno-Hatta itu berangkatnya lewat travel ya, tapi saya kurang hafal travel apa,” kata Hanim.

Kendati demikian, Hanim mengaku bahwa Septian tidak pernah bercerita apakah oknum imigrasi di Bali mempunyai atasan mengetahui kongkalikong tersangka dengan oknum.

BACA JUGA:Kasus TPPO Periode Juni - Juli, Satgas Berhasil Tangkap 834 Tersangka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: