Anggaran Perbaikan Jalan Nasional Tembus Rp14.6 Triliun, Jokowi: Dibagai Dua Tahap

Anggaran Perbaikan Jalan Nasional Tembus Rp14.6 Triliun, Jokowi: Dibagai Dua Tahap

Jalan Rusak di Kabupaten Lampung Tengah-Foto : Kementerian PUPR -

JAKARTA, DISWAY.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan, bahwa pemerintah menganggarkan Rp 14,6 triliun untuk memperbaiki jalan-jalan daerah yang rusak baik di provinsi, kabupaten, maupun kota pada tahun ini. 

Menurutnya, perbaikan jalan tersebut akan dibagi menjadi dua tahap.

"Kita ingin mempercepat penanganan jalan-jalan daerah yang rusak, baik jalan provinsi dan jalan kabupaten/kota di seluruh tanah air. Kita anggarkan untuk tahap I Rp 7,4 triliun dan Tahap II sekitar Rp 7,2 triliun lebih untuk tahun 2023 ini," ujar Presiden Jokowi dalam keterangan tertulis, Minggu 23 Juli 2023.

BACA JUGA:Partai Buruh Minta Upah Minimum Provinsi dan Kabupaten/Kota Naik 15 Persen

Anggaran perbaikan jalan daerah yang diatur dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2023 ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Perbaikan jalan daerah ini dimulai pekan ketiga Juli 2023 di 13 provinsi secara serentak, seperti Bengkulu, Lampung, Jambi, Sumatera Utara, dan Jawa Barat.

Khusus untuk perbaikan jalan daerah di Jawa Tengah, pada Inpres tersebut terdapay 25 ruas jalan sepanjang 157 kilometer yang harus ditangani dengan anggaran sekitar Rp 601,7 miliar.

Di Provinsi Jawa Tengah sendiri, perbaikan jalan yang didahulukan ialah ruas Surakarta-Geyer-Purwodadi karena masuk kategori rusak berat sehingga harus segera ditangani oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

BACA JUGA:Perang Rusia-Ukraina Bergeser ke Laut Hitam, Kapal Kargo Dunia Terancam!

"Memang khusus untuk jalan ini, ini memang saya dari kecil, saya kan tiap hari saya lewat jalan ini enggak pernah beres. Tapi sekarang Kalau konstruksinya seperti ini, memang dua kali lebih mahal, tapi saya kira untuk pemakaian mungkin bisa lebih dari 10 tahun akan baik," ucap Presiden Jokowi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menambahkan, saat ini proses perbaikan ruas Surakarta-Geyer-Purwodadi sudah dalam tahap e-Katalog untuk pengadaan barang dan jasa

"Mudah-mudahan Selasa (25/7/2023) besok sudah tanda tangan kontrak dan langsung dikerjakan," kata Basuki.

Basuki menambahkan, untuk perbaikan Jalan Surakarta-Geyer-Purwodadi sepanjang 59 km, sudah 8,7 km jalan rusak dikerjakan Kementerian PUPR sebelum Inpres Jalan Daerah terbit.

BACA JUGA:Bonge Cs dan Citayam Fashion Week Hadir Lagi di Kawasan Sudirman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: