Gelar Belajaraya 2023, Jaringan SMSG Dorong Kolaborasi Lintas Sektor Bagi Transformasi Pendidikan

Gelar Belajaraya 2023, Jaringan SMSG Dorong Kolaborasi Lintas Sektor Bagi Transformasi Pendidikan

Co-Founder dan Pembina Indorelawan Widharmika Agung, Pendidik dan Inisiator Gerakan SMSG Najelaa Shihab, Managing Director Indika Foundation Ayu Kartika Dewi, Musisi Indonesia Endah N Rhesa-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA,DISWAY.ID - Jaringan pendidikan Semua Murid Semua Guru (SMSG) kembali menggelar acara perjumpaan nasional tahunan bagi 969 penggerak pendidikan di Indonesia.

Acara perjumpaan nasional tersebut digelar di Pos Bloc, Jakarta Pusat, Sabtu, 29 Juli 2023 besok.

Dalam pelaksanannya, acara akan dirancang menjadi ruang inovasi, kolaborasi, dan integrasi bagi berbagai komunitas atau organisasi pendidikan (KOP) dalam melakukan perubahan pada ekosistem pendidikan di Indonesia.

BACA JUGA:Dilantik Kepala BPSDM Perhubungan, Politeknik Pelayaran Banten Lepas 3.056 Perwira Transportasi Laut

Acara yang dinamai Belajaraya 2023 ini dahulunya dikenal sebagai acara Pesta Pendidikan. Namun, memasuki tahun ke-6 acara tersebut berganti nama menjadi Belajaraya 2023.

Adapun perubahan nama tersebut ditandai sebagai transformasi konsep acara yang dirancang lebih variatif dan mendorong partisipasi publik melalui proses kerja barengan (#kerjabarengan).

Pendidik dan Inisiator Gerakan SMSG, Najelaa Shihab mengatakan bahwa acara tersebut akan diselenggarakan secara offline dengan 52 Kelas Belajar tematik serta 3 sesi Ngobrol Publik yang bisa publik hadiri secara paralel. 

Di acara tersebut pun juga akan hadir sebagai narasumber beberapa tokoh Tanah Air, yaitu Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, mantan Menteri Agama Quraish Shihab, artis Maudy Ayunda, dan lainnya. 

Selain itu, juga ada 70 KOP yang akan turut ambil andil dalam mengisi Kelas Belajar sesuai dengan kepakarannya masing-masing.

BACA JUGA:Nilai PPDB SMP 2023 Lancar, Wali Kota Tangsel Ingatkan Tak Ada Perpeloncoan

"Kunci perubahan pendidikan adalah kolaborasi antar pemangku kepentingan dan keterlibatan publik yang makin efektif,” ujar Najelaa Shihab saat konferensi pers di Auditorium Satin, CGV FX Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat, 28 Juli 2023.

“Melalui Jaringan Semua Murid Semua Guru, kami mendukung berbagai inovasi yang dilakukan oleh ratusan Komunitas dan Organisasi Pendidikan agar semakin berdampak. Jaringan Semua Murid Semua Guru mengintegrasikan langkah relawan berbagai profesi, penggerak di ekosistem demi perbaikan akses kualitas dan kesetaraan pendidikan bagi semua dan setiap anak," lanjutnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Managing Director Indika Foundation, Ayu Kartika Dewi. Dia menjelaskan bahwa pihaknya, yakni Indika Foundation juga memotivasi masyarakat untuk menjadi agen perubahan untuk menuju Indonesia yang inklusif.

“Kami percaya bahwa sebuah aktivitas akan berdampak lebih besar jika masyarakat di dalamnya bergerak menciptakan perubahan. Karena itu, kami berpartisipasi dalam Belajaraya 2023, tempat bagi banyak pihak bahu-membahu berkontribusi mewujudkan pendidikan yang inklusif,” jelas Ayu Kartika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: