Gelar Belajaraya 2023, Jaringan SMSG Dorong Kolaborasi Lintas Sektor Bagi Transformasi Pendidikan

Gelar Belajaraya 2023, Jaringan SMSG Dorong Kolaborasi Lintas Sektor Bagi Transformasi Pendidikan

Co-Founder dan Pembina Indorelawan Widharmika Agung, Pendidik dan Inisiator Gerakan SMSG Najelaa Shihab, Managing Director Indika Foundation Ayu Kartika Dewi, Musisi Indonesia Endah N Rhesa-Intan Afrida Rafni-

Lebih lanjut, juga ada organisasi pendiri SMSG lainnya, yaitu Indorelawan yang juga ikut mendukung Belajaraya 2023. 

BACA JUGA:Anak Buah Rian Mahendra di PO MTI Pasang Basuri, Ternyata Sopir Bus PO Haryanto Sudah Duluan

Co-Founder dan Pembina Indorelawan, Widharmika Agung mengatakan bahwa Belajaraya 2023 dilakukan untuk menyuarakan semangat Kerja Barengan, bergotong-royong untuk pembangunan pendidikan di Indonesia. 

“Indorelawan senang sekali bisa terlibat dalam Belajaraya, sebuah kesempatan untuk membuka pintu bagi lebih banyak lagi relawan dan komunitas untuk kerja barengan,” kata Widharmika Agung.

Tak hanya itu, musisi-musisi papan atas seperti Endah N Rhesa. Tompi, Tulus, Vidi Aldiano, Andien, RAN, Kunto Aji, Dere, dan Idgitaf juga berpartisipasi dalam festival musik Belajaraya 2023. 

Musisi papan atas tersebut hadir sebagai tanda menyusul kesuksesan Pesta Pendidikan 2017 di mana sejumlah musisi berpartisipasi dalam perilisan lagu ‘Semua Murid, Semua Guru’ dan inisiasi gerakan Kirim Budi. Praktik baik inilah yang Belajaraya coba replikasi tahun ini.

BACA JUGA:Momen Bos MTI Rian Mahendra Bisiki Livia Pimpinan Bus Sambodo Ingin Nebeng Ruang Tunggu Ekslusif

"Ini bukan kali pertama kami berpartisipasi dalam Gerakan pendidikan. Melalui Belajaraya, kami bisa membantu menyampaikan pesan-pesan pendidikan kepada khalayak yang lebih luas melalui musik,” jelas salah satu perwakilan dari musisi sebagai pengisi acara Belajaraya 2023, Endah N Rhesa.

“Ini juga merupakan cita-cita kami untuk menjadi musisi dengan karya-karya yang bermanfaat bagi masyarakat," lanjutnya.

Seluruh rangkaian acara ini diharapkan dapat berkontribusi pada upaya pengarusutamaan konsep pendidikan inklusif, bagaimana peran kunci setiap individu dalam meningkatkan kualitas pendidikan, hingga pertukaran praktik baik mengatasi tiga dosa besar pendidikan (bullying, intoleransi, dan kekerasan seksual), Rangkaian sesi edukatif dan dokumentasi praktik baik pada Belajaraya 2023 ini dapat publik akses melalui kanal-kanal media sosial Semua Murid Semua Guru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: