Ngeri! Hewan Langka Cacing Gelang 'Dibangkitkan' Lagi Setelah 46 Ribu Tahun Mati

Ngeri! Hewan Langka Cacing Gelang 'Dibangkitkan' Lagi Setelah 46 Ribu Tahun Mati

Nematoda yang dibangkitkan dari permafrost Siberia terbengkalai selama 46.000 tahun---Istimewa

JAKARTA, DISWAY.ID - Sebuah nematoda tanah yang dihidupkan kembali dari permafrost Siberia telah terbengkalai selama kurang lebih 46.000 tahun.

Hal tersebut terungkap dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada 27 Juli 2023 dalam jurnal akses terbuka PLoS Genetics oleh Anastasia Shatilovich di Institute of Physicochemical and Biological Problems in Soil Science RAS di Rusia, Vamshidhar Gade di Max Planck Institute for Molecular Cell Biology and Genetics di Jerman, dan rekannya.

Beberapa hewan, seperti tardigrades, rotifera, dan nematoda, dapat bertahan dalam kondisi yang keras dengan memasuki keadaan tidak aktif yang dikenal sebagai “cryptobiosis”.

BACA JUGA:Hujan Cacing di India, Pernah Terjadi di Norwegia dan China

Sebelumnya, individu nematoda dihidupkan kembali dari sampel yang dikumpulkan dari liang fosil di endapan lumpur di Kutub Utara timur laut.

Dalam penelitian ini, analisis radiokarbon bahan tumbuhan dari liang mengungkapkan bahwa endapan beku ini, 40 meter di bawah permukaan, belum mencair sejak Pleistosen akhir, antara 45.839 dan 47.769 tahun lalu.

Menggunakan pengurutan genom, perakitan, dan analisis filogenetik dari hubungan nematoda dengan spesies modern, para peneliti menentukan bahwa itu milik spesies yang sebelumnya tidak terdeskripsikan, Panagrolaimus kolymaensis.

Mereka membandingkan genomnya dengan organisme model, Caenorhabditis elegans, dan mengidentifikasi gen yang sama yang terlibat dalam kriptobiosis.

BACA JUGA:Video Hujan Cacing di Tiongkok Bikin Merinding, Hoax atau Fakta?

Saat dikeringkan ringan di laboratorium, kedua spesies meningkatkan produksi gula yang disebut trehalosa, yang dapat membantu mereka bertahan dari pengeringan dan pembekuan yang keras.

Mereka menguji kemampuan bertahan hidup P. kolymaensis dan menemukan bahwa paparan terhadap pengeringan ringan sebelum pembekuan membantu menyiapkan cacing untuk kriptobiosis dan meningkatkan kelangsungan hidup pada suhu -80°C.

Perlakuan ini juga menguntungkan larva C. elegans dauer, yang kemudian bertahan selama 480 hari pada suhu -80°C tanpa penurunan viabilitas atau reproduksi setelah pencairan.

Studi ini memperluas cryptobiosis terlama yang dilaporkan pada nematoda hingga puluhan ribu tahun.

BACA JUGA:Euy, Heboh Beijing Tiba-tiba Turun Hujan Cacing, Benarkah?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: