Dimulai 1 Agustus di Istana, Bulan Kemerdekaan Tahun 2023 Digelar Semarak

Dimulai 1 Agustus di Istana, Bulan Kemerdekaan Tahun 2023 Digelar Semarak

Keterangan Pers Bulan Kemerdekaan Tahun 2023, di Jakarta.-Humas Setkab/Rahmat-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Bulan Kemerdekaan Tahun 2023 di Istana Negara digelar semarak dengan serangkaian kegiatan.

Rangkaian kegiatan itu disiapkan dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Adapun rangkaian kegiatan tersebut mengusung tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”.

BACA JUGA:187.057 Jemaah Haji Telah Tiba di Tanah Air, Disusul 6.642 Orang Dalam 16 kloter Hari Ini

“Tema ini merefleksikan semangat bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan pembangunan, berkolaborasi bersama memanfaatkan momentum untuk mewujudkan Indonesia maju,” ujar Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Sesmensetneg) Setya Utama, dalam Keterangan Pers Bulan Kemerdekaan Tahun 2023, di Jakarta.

Rangkaian kegiatan tersebut, kata Setya, tak hanya berlangsung di Kompleks Istana Kepresidenan tetapi juga di sejumlah tempat lainnya.

“Alhamdulillah setelah kita mengalami masa pandemi, saat ini kita bisa lebih bebas, lebih leluasa untuk merayakan bulan kemerdekaan ini dengan lebih semarak,” ujarnya.

Sedangkan rangkaian kegiatan bulan kemerdekaan, diawali dengan dzikir dan doa kebangsaan yang digelar di halaman depan Istana Merdeka.

“Seperti sebagaimana biasa, agenda bulan kemerdekaan di Istana akan diawali dengan dzikir dan doa kebangsaan pada tanggal 1 Agustus,” ujar Setya.

BACA JUGA:Rancangan Perpres Publisher Right Tinggal Ditandatangani Jokowi, Ekosistem Bisnis Media Segera Diatur!

Agenda selanjutnya adalah Upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan yang akan dilaksanakan pada 14 Agustus dilanjutkan dengan Upacara Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada 15 Agustus.

Kemudian pada 16 Agustus akan ada rangkaian acara kenegaraan yang setiap tahun dilaksanakan, yaitu Pidato Kenegaraan dan Pidato Penyampaian Rancangan Undang-Undang (RUU) Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun 2024. Rangkaian acara ini akan bertempat di Gedung MPR/DPR/DPD RI.

Kemudian pada 17 Agustus dini hari akan dilaksanakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata yang dilanjutkan dengan acara inti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di pagi hari dan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di sore hari.

“Untuk Upacara Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera di Istana akan dilaksanakan sepenuhnya secara luring atau fisik. Jadi ini kembali sebagaimana sebelum pandemi,” ujar Setya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: