Besok, Materi Ujian Praktik SIM C Lintasan Huruf S Mulai Diberlakukan

Besok, Materi Ujian Praktik SIM C Lintasan Huruf S Mulai Diberlakukan

Uji praktik SIM angka 8 akan diubah menjadi huruf S dengan ruas yang lebih besar dari sebelumnya. -Ujian praktik SIM Motor/Korlantas Polri-

JAKARTA, DISWAY.ID-Korps lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar uji coba perubahan materi ujian praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) C (motor) di Satpas Polda Metro Jaya Daan Mogot, Jumat lalu. 

Kakorlantas Polri Irjen Firman Santyabudi menyampaikan  materi ujian praktik SIM yang diubah menjadi lintasan huruf S juga akan diberlakukan di Polres jajaran mulai Senin 7 Agustus besok.

Selain itu, Korlantas Polri juga disebut akan membuat desain lintasan huruf S uji materi praktik agar masyarakat dapat berlatih sebelum melakukan ujian.

BACA JUGA:Kakorlantas : Masyarakat Jangan Iming-Iming Petugas, Tidak Ada Lagi Pembayaran Tunai Pembuatan SIM

“Senin nanti masing-masing jajaran sampai ke tingkat Polres sudah bisa menerapkan ujian seperti yang kita lihat pada sore hari ini,” ujarnya, Jumat 4 Agustus 2023. 

Saat ini korlantas mengganti skema ujian praktek SIM C yang sebelumnya berbentuk angka 8, kini membentuk lintasan huruf S. 

Selain mengubah lintasan, Korlantas Polri juga meluncurkan buku ujian materi SIM A dan C agar dapat dipelajari masyarakat sebelum menjalani tes teori dan kurikulum terbaru ini diharapkan mampu mempermudah para peserta ujian SIM.

BACA JUGA:Ini 5 Materi Ujian Praktik SIM Motor Lintasan Huruf S

“Kami sudah memberlakukan beberapa revisi terkait ujian praktik SIM, intinya dipermudah,” kata Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi.

Pada kurikulum terbaru, lintasan berbentuk ‘8’ dan zig-zag dihilangkan, diganti dengan lintasan baru berbentuk huruf ‘S’ yang ditempatkan di area berukuran 30 x 35 meter.


Uji praktik SIM angka 8 akan diubah menjadi huruf S dengan ruas yang lebih besar dari sebelumnya. -Ujian praktik SIM Motor/Korlantas Polri-

Ukuran lebar lintasan menjadi 2,5 kali lebar kendaraan, dari sebelumnya yang hanya 1,5 kali lebar kendaraan. 

BACA JUGA:Berikut Ini Materi Ujian Praktik SIM yang Berubah, Berlaku Mulai Jumat 4 Agustus 2023

Totalnya, ada 5 rintangan yang akan jadi poin penilaian dalam ujian terbaru ini, yakni awal berjalan, berhenti dekat kotak kuning, putar balik, lintasan huruf S, dan menghindari halangan di akhir. Adapun kecepatan rata-rata yang digunakan adalah sebesar 30 kpj.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: