Relawan Anies Akan Bikin Aplikasi, Antisipasi Kecurangan Pemilu 2024

Relawan Anies Akan Bikin Aplikasi, Antisipasi Kecurangan Pemilu 2024

Ketua Pembina Relawan Komando Anies Baswedan (Komandan)Abdul Aziz Baswedan-youtube/AlinsanTV-

BEKASI, DISWAY.ID-Relawan Anies Baswedan menyusun rencana untuk mengantisipasi adanya kecurangan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat Pilpres 2024 nanti.

Ketua Pembina Komando Anies Baswedan (KOMANDAN), Abdul Aziz Baswedan menjelaskan, dirinya bersama relawan akan menyiapkan aplikasi untuk mewaspadai adanya kecurangan. 

"Jadi kemarin kita ketemu dengan Tim IT untuk membuat satu aplikasi dimana intinya adalah mewaspadai adanya kecurangan," jelas Abdul Aziz saat ditemui usai acara Silaturahim Kebangsaan di Bekasi, Rabu 9 Agustus 2023.

BACA JUGA:Sepupu Anies Baswedan Sampaikan Target yang Dijangkau Relawan Anies

Sepupu Anies Baswedan itu menjelaskan, aplikasi akan digunakan para relawan pada momen pemilihan presiden 2024 nanti. Mereka harus menginput surat suara pada aplikasi tersebut. 

Cara kerja aplikasi tersebut kata Abdul Aziz, dapat mengidentifikasi adanya surat suara asli atau palsu. Aplikasi tersebut bahkan dapat mengidentifikasi apabila ada penambahan atau pengurangan huruf dalam Surat Suara. 

"Kalau misalnya ada angka ditambahkan atau dikurangkan, itu ketahuan, kemudian kalau ada perubahan dari orang lain atau KPU akan terlihat dan beberapa sistem lainnya yang dapat mengidentifikasi," jelasnya. 

BACA JUGA:Jumpa Relawan Anies dari Berbagai Elemen Masyarakat, Ketua PKS Kota Bekasi : Ini Bentuk Keseriusan Dukung Pak Anies

Menurut Aziz, rencana pembuatan aplikasi anti kecurangan tersebut muncul karena hasil evaluasi Pilpres 2019. Dimana saat itu kata Abdul Aziz, banyak ditemukan kecurangan-kecurangan di TPS dan kecamatan.

"Mudah -mudahan, rencana -rencana ini untuk mengantisipasi ada kecenderungan, kecurangan. Karena Pak Anis ini butuh demokrasi saja. Jadi kalau demokrasi dengan adil, InsyaAllah siapa pun yang menang, ya kita dukung istilahnya kita, jadikan persiden. 

BACA JUGA:Anies Baswedan 'Sentil' Soal Mahalnya Berobat di Rumah Sakit: 'Mau Sembuh atau Jadi Miskin?'

Tapi Pak Anis dengan hal ini pasti menang kalau dengan demokrasi yang adil dan tidak dengan kecurangan," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: