Menhub: 'Ayo Gunakan Kendaraan Listrik, Untuk Turunkan Polusi di Jakarta'

Menhub: 'Ayo Gunakan Kendaraan Listrik, Untuk Turunkan Polusi di Jakarta'

Menhub: 'Ayo Gunakan Kendaraan Listrik, Untuk Turunkan Polusi di Jakarta'-Dok Kemenhub-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Agar tercipta kualitas udara yang baik, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengajak masyarakat untuk beralih kepada kendaraan listrik.

Ajakan tersebut khususnya untuk masyarakat di wilayah Perkotaan seperti Jakarta.

BACA JUGA: PLN Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik Guna Kurangi Polusi Udara

"Saya hanya mengingatkan bahwa kontribusi kendaraan bermotor bahan bakar fosil terhadap polusi udara itu lebih dari 50 persen," ujar Menhub dalam keterangannya, Minggu 13 Agustus 2023.

"Terlebih masyarakat sudah mulai kembali beraktivitas normal setelah pandemi COVID-19, akhirnya membuat polusi di Jakarta meningkat," tambahnya.

BACA JUGA:Lebih Hemat! Masyarakat Nikmati Kemudahan Pakai Kendaraan Listrik

"Oleh karenanya kami mengajak masyarakat beralih menggunakan kendaraan listrik. Kalau penggunaannya menjadi masif, diharapkan dapat menurunkan polusi yang terjadi di kota-kota besar," jelasnya

Selain itu, Menhub juga menjelaskan, industri sepeda motor listrik baik kendaraan baru maupun konversi terus diakselerasi oleh Pemerintah. 

BACA JUGA:Volvo Kembali Ramaikan Pasar Mobil Premium Tanah Air, Usung 3 Unit Kendaraan Listrik

Untuk menjaga aspek keselamatan motor listrik hasil konversi, Kemenhub telah menerbitkan Permenhub (PM) No.39/2023 tentang konversi sepeda motor dengan penggerak motor bakar menjadi sepeda motor listrik berbasis baterai.

Kebijakan tersebut merupakan bagian dari upaya percepatan peningkatan ekosistem sepeda motor listrik melalui peningkatan pelayanan pengujian tipe sepeda motor konversi. 

BACA JUGA:Tarif Charging Kendaraan Listrik di SPKLU Fast Charging Hanya Rp 25.000 Sekali Charging

"Mengapa konversi, jadi kalau motor listrik baru itu bagus. Tetapi kalau konversi, kami berupaya mengubah dari motor bbm yang sudah ada dan jumlahnya sangat banyak," ungkapnya.

Menhub Budi juga menyarankan kepada produsen kendaraan listrik, dapat membuat spesifikasi baterai yang standar agar memudahkan masyarakat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: