Sistem '4 In 1' di Jabodetabek Dipertimbangkan Untuk Atasi Polusi

Sistem '4 In 1' di Jabodetabek Dipertimbangkan Untuk Atasi Polusi

Lalu lintas di sekitaran Jalan Sudirman menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno terpantau macet.-Rafi Adhi Pratama-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Pemerintah masih mempertimbangkan pemberlakukan sistem '4 In 1' atau berkendaraan roda 4 minimal oleh 4 orang di Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek). 

Pertimbangan memberlakukan 4 In 1 ini menjadi bagian langkah untuk mengatasi permasalahan polusi.

"Berkaitan dengan utilitas pada kendaraan. Kendaraan-kendaraan ini banyak yang menggunakan satu orang atau maksimal dua orang. Oleh karenanya, dipertimbangkan untuk membuat '3 ini 1' ini menjadi '4 in one'," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

BACA JUGA:Kualitas Udara Jabodetabek Memburuk, Jokowi Singgung 'Hybrid Working' Hingga Rekayasa Cuaca

Hal demikian seusai Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta jajaran terkait untuk mempersiapkan sejumlah langkah guna mengatasi masalah kualitas udara di wilayah Jabodetabek yang sangat buruk dalam sepekan terakhir.

Langkah tersebut dibagi dalam jangka pendek, menengah, dan panjang.

“Presiden tadi menegaskan bahwa jangka pendek harus ada intervensi dan harus segera dilakukan,” ungkap Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, usai mengikuti rapat terbatas (ratas) yang dipimpin oleh Presiden Jokowi, di Jakarta, Senin 14 Agustus 2023.

Intervensi tersebut, kata Siti, antara lain dengan memberlakukan kebijakan Euro 5 dan 6, menambah ruang terbuka hijau (RTH), hingga menerapkan kembali kerja dari rumah atau work from home (WFH).

“Pada jangka menengah, mengurangi kendaraan fosil. Kita sudah punya MRT, LRT, kereta cepat dan juga agenda elektrifikasi. Pada jangka panjang, tentu saja juga sudah kita awali yaitu mitigasi dan adaptasi iklim dengan pengawasan yang ketat di Jabodetabek,” ujar Siti.

Kembali dikatakan Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah akan memperketat pelaksanaan uji emisi.

BACA JUGA:Akhirnya Miss Universe Global Minta Maaf, Puji Keberanian Kontestan di Indonesia Hingga Stop Kerjasama Poppy Capella

Terkait utilitas kendaraan, pemerintah mempertimbangkan untuk membuat kebijakan empat penumpang dalam satu mobil atau 4 in 1 tersebut.

“Jadi katakanlah dari Bekasi, dari Tangerang, dari Depok mereka bersama-sama ke kantor gantian mobilnya, sehingga jumlahnya akan menurun,” kata Budi.

Pemerintah juga mendorong peningkatan penggunaan kendaraan listrik (electric vehicle/EV) sekaligus meminta PLN untuk memperbanyak stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: