Alasan SBY dan AHY Absen di Sidang Tahunan MPR/DPR RI

Alasan SBY dan AHY Absen di Sidang Tahunan MPR/DPR RI

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) -Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID - Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tidak hadir dalam sidang tahunan MPR/DPR RI, Rabu, 16 Agustus 2023.

Hal tersebut dibenarkan langsung oleh Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra. Dia membeberkan bahwa keduanya absen lantaran tengah mempersiapkan pembukaan museum SBY-Ani di Pacitan. 

BACA JUGA:Bamsoet Buka Sidang Tahunan DPR/MPR RI dengan Pantun, Singgung Soal Koalisi Berubah-ubah

"Sudah sejak seminggu lalu beliau berada di sini karena mempersiapkan di sini, karena kan undangannya juga para sahabat beliau ya yang Mantan Wakil Presiden, Mantan Menteri, segala macam," ujar Herzaky saat dihubungi, Rabu, 16 Agustus 2023.

Begitu pula dengan AHY. Dia tidak hadir lantaran tengah mempersiapkan diri mengingat nantinya putra sulung SBY itu akan menjadi tuan rumahnya. 

BACA JUGA:Sidang Tahunan, 2 Ribu Personel Amankan Gedung DPR/MPR

"(AHY) sudah di Pacitan. Karena kan kita untuk mempersiapkan. Beliau kan tuan rumah, mesti mempersiapkan diri untuk menyambut tamu juga," imbuhnya. 

Sebagaimana diketahui, Herzaky menyebutkan, museum SBY-Ani akan menjadi museum pertama kepresidenan di Asia. Oleh sebab itu, perlu ada persiapan yang matang untuk pembukaannya. 

BACA JUGA:Hadir Sidang Tahunan MPR/DPR, Prabowo dan Cak Imin Tiba Bersamaan

"Persiapan museum. Ini kan museum pertama di Asia. Museum kepresidenan pertama di Asia," imbuhnya. 

Adapun petinggi Partai Demokrat yang hadir dalam sidang tahunan, kata Herzaky, yaitu para anggota DPR RI dari fraksi Partai Demokrat. Tidak hanya itu, bahkan juga hadir Wakil Ketua MPR, Syarief Hasan. 

BACA JUGA:Susunan Acara Sidang Tahunan DPR/MPR RI yang Dihadiri Presiden Jokowi

"Ada anggota DPR RI yang akan hadir. Pak Wakil Ketua MPR, Syarief Hasan," tandasnya. 

Sebagaimana diketahui, MPR menggelar Sidang Tahunan dan Sidang Bersama DPR dan DPD 2023 hari ini. Presiden Jokowi hadir dan akan menyampaikan pidato dua kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: