Wow! Ahli Paleontologi di Mesir Klaim Dapat Temuan Fosil Paus Mini Berusia 41 Juta Tahun

Fosil paus mini ditemukan di Mesir-Foto/via The Guardian/Hesham Sallam/Mansoura University vertebrate palaeontology centre-

MESIR, DISWAY.ID -- Seekor paus mini yang hidup sekitar 41 juta tahun yang lalu telah ditemukan oleh ahli paleontologi di MESIR.

Penemuan tersebut terjadi saat para peneliti menggali fosil di dekat Wadi el-Hitan di Mesir, yang di mana tempat itu memang terkenal dengan banyaknya fosil paus purba ditemukan.

Prof Hesham Sallam, pendiri pusat paleontologi vertebrata Universitas Mansoura (MUVP), mengatakan timnya awalnya menemukan satu gigi di blok batu kapur yang berasal dari Eosen, periode yang berlangsung dari sekitar 55,8 juta hingga 33,9 juta tahun yang lalu.

BACA JUGA:Kebakaran Hawaii Tewaskan 106 Orang, Api Melalap Habis 85 Persen Area Maui

“Kemudian ketika kami mencoba untuk memperbaikinya dan membersihkan semua endapan di atas fosil, kami menemukan bahwa itu bukanlah sesuatu yang biasa kami lihat dari periode waktu itu,” katanya, seperti dilansir dari The Guardian

Paus mini itu diberi nama Tutcetus rayanensis, terinspirasi dari nama firaun Mesir Tutankhamun.

Menurut tim Sallam, makhluk itu adalah sejenis paus yang dikenal sebagai basilosaurid – kelompok punah yang dianggap sebagai paus pertama yang hanya hidup di air, tidak seperti spesies paus lain yang awalnya juga berkelana ke darat.

"(Tutcetus) sebenarnya memiliki ciri-ciri yang sangat primitif untuk kelompok yang sudah dikenal dari Wadi el-Hitan,” kata mereka.