Lelang Proyek Pembangunan Bandara VVIP di IKN Digelar Oktober 2023

Lelang Proyek Pembangunan Bandara VVIP di IKN Digelar Oktober 2023

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono -ilustrasi-PUPR

JAKARTA, DISWAY.ID - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengumumkan bahwa pemerintah akan menggelar lelang untuk proyek pembangunan Bandara VVIP di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada bulan Oktober 2023.

"Dalam waktu dekat, akan ada lelang untuk pembangunan Bandara VVIP. Perencanaannya sudah selesai dan kami akan menggunakan sisa lelang dari tahun ini untuk memulai proyeknya sekarang, dengan pendanaan yang disediakan untuk tahun 2024. Rencananya pada bulan Oktober, seperti lelang awal," kata Menteri Basuki saat ditemui di Kantor Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu 16 Agustus 2023.

BACA JUGA:Breaking News: Gempa Magnitudo 5,7 Guncang Banten, BMKG: Tak Berpotensi Tsunami

Sementara itu, Kementerian PUPR telah mengalokasikan dana sebesar Rp 35,6 triliun lebih untuk megaproyek pembangunan Ibu Kota Nusantara pada tahun anggaran 2024. 

Di sisi lain, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga menerima dana sebesar Rp 5 triliun untuk proyek pembangunan Bandara VVIP, sehingga total dana yang diperuntukkan bagi pembangunan IKN mencapai Rp 40 triliun.

"Totalnya mencapai Rp 40 triliun, dengan alokasi Rp 35,672 triliun kami di Kementerian PUPR, sementara sisanya diserahkan kepada Kementerian Perhubungan untuk Bandara VVIP," ujarnya

BACA JUGA:Anies Baswedan Singgung Pemimpin yang Tepat Lunasi Janji Kemerdekaan di HUT ke 78 RI

Basuki juga menambahkan bahwa pada bulan Oktober, sejumlah rumah menteri juga akan selesai dibangun.

"Terkait dengan rumah-rumah menteri, kami perkiraan pada bulan Oktober ini akan ada dua atau tiga rumah yang selesai dibangun," tambahnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa persiapan pembangunan Bandara VVIP sedang berlangsung, dengan merujuk pada desain landasan pacu dan terminal yang merupakan hasil karya anak bangsa. 

Hal ini diungkapkannya ketika melakukan tinjauan lokasi pembangunan Bandara VVIP IKN yang terletak di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada hari Sabtu (5/8/2023).

"Harapannya, apa yang sedang kita bangun ini dapat beroperasi pada tanggal 17 Agustus 2024," ujar Menteri Budi Karya Sumadi.

BACA JUGA:100 Relawan Bakti BUMN Batch IV Jalankan Program Sosial Kemasyarakatan Serentak di 10 Lokasi di Indonesia

Sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 31 Tahun 2023 tentang Percepatan Pembangunan dan Pengoperasian Bandara VVIP IKN, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk Menteri Perhubungan dan Menteri PUPR untuk memimpin proses pembangunan serta pengoperasian Bandara VVIP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: