Wah! 11 Kapal Perang Rusia dan Tiongkok Berlayar Dekat Pulau-pulau Jepang Jelang KTT Trilateral AS-Jepang-Korsel

Wah! 11 Kapal Perang Rusia dan Tiongkok Berlayar Dekat Pulau-pulau Jepang Jelang KTT Trilateral AS-Jepang-Korsel

Sebelum Tiongkok dan Rusia juga pamer kapal perang di perairan Jepang saat Amerika Serikat gelar pertemuan khusus-Foto/Telegram-

JEPANG, DISWAY.ID -- Kapal perang Rusia dan Tiongkok terlihat berlayar dekat pulau-pulau selatan JEPANG pada Kamis 17 Agustus 2023.

Insiden itu terjadi hanya sehari sebelum KTT trilateral pertama antara Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan pada Jumat 18 Agustus 2023.

Terdapat 6 kapal Tiongkok yang di antaranya ada kapal perusak rudal dan 5 kapal Rusia.

BACA JUGA:150 Juta Tahun Sejarah Lautan Terungkap dari Setetes Air yang Terawetkan dalam Kristal Garam

Menurut kementerian pertahanan Jepang, kapal-kapal tersebut berlayar antara Pulau Okinawa Jepang dan Pulau Miyako sebelum bergerak menuju Laut China Timur.

Ini adalah kali pertama kapal Rusia dan Tiongkok berlayar bersama melalui perairan khusus tersebut, meskipun demikian mereka tidak mengganggu perairan teritorial Jepang.

Ke-11 kapal angkatan laut itu pertama kali terlihat 280 kilometer di timur laut Pulau Okinawa paling selatan Jepang pada Selasa pagi waktu setempat, menurut pernyataan kementerian pertahanan.

Sebagian besar dari mereka juga sebelumnya terlihat berlayar melalui Selat Soya antara Hokkaido dan Sakhalin ke Laut Okhotsk, setelah melakukan latihan bersama di Laut Jepang pada Juli, tambah pernyataan itu.

BACA JUGA:Peristiwa Kuil Runtuh di India saat Banjir Bandang Tewaskan 9 orang dan 25 Orang Terjebak

Kementerian Pertahanan Rusia mengonfirmasi patroli bersama itu dalam sebuah pernyataan di saluran Telegram resminya, dengan mengatakan satu detasemen kapal saat ini beroperasi di perairan Laut China Timur.

Kapan-kapal China dan Rusia melakukan latihan anti-kapal selam, menangkis simulasi serangan udara musuh, melakukan pelatihan penyelamatan di laut, dan berlatih lepas landas dan pendaratan helikopter di geladak kapal perang tambahnya.

Ini bukan pertama kalinya China dan Rusia melakukan latihan angkatan laut dan udara di dekat Jepang dalam beberapa tahun terakhir ini.

Jepang mengira mereka seperti unjuk kekuatan melawan Jepang dan itu merupakan hal yang sangat memprihatinkan.

BACA JUGA:Detik-detik Mengerikan Seorang Wanita Diterkam Buaya Hingga Tewas di India: 'Tubuhnya Tinggal Setengah'

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: