Pemenang Sementara

Pemenang Sementara

Vivek Ramaswamy kandidat terkuat presiden AS yang disebut punya style mirip Donald Trump.--

PUN ketika menampilkan kali pertama Vivek Ramaswamy, Disway ikut disepelekan: siapa orang itu. 

Kini koran-koran besar Amerika menyatakan Vivek-lah pemenang debat pertama calon presiden Amerika Serikat tiga hari lalu itu. Yakni debat antar calon dari Partai Republik yang justru tidak diikuti oleh pemegang puncak ratingnya: Donald Trump.

Vivek memang bukan siapa-siapa sebelum ini. Jadi wali kota Solo pun belum. 

Ia pengusaha keuangan. Umur baru 38 tahun. Keturunan India selatan. Yang tidak pernah menjabat apa pun di bidang politik.

"Vivek adalah Donald Trump dalam bentuk lain," tulis media di sana. 

Kalau bicara blak-blakan seperti Trump. Termasuk ini: kalau terpilih kelak ia akan mengeluarkan pengampunan untuk Donald Trump di hari pertamanya sebagai presiden Amerika.

Vivek juga ingin mengubah konstitusi Amerika: agar umur pemilih dinaikkan. Paling muda 25 tahun. Tidak lagi 18 tahun. 

Yang 18 tahun tetap boleh memilih tapi ada syaratnya: pernah mengabdi kepada negara. Misalnya pernah menjadi tentara atau pernah ikut wajib militer. Atau pernah kerja sosial untuk negara.

Soal Ukraina, Vivek juga berterus terang: tidak mau membela Ukraina

Amerika harus pertama-tama memikirkan Amerika sendiri. 

Perang harus dihentikan. Caranya: Ukraina mengalah. Yang sudah telanjur diduduki Rusia saat ini biarlah menjadi wilayah Rusia. Karena wilayah-wilayah itu memang ada kaitannya dengan Rusia.

Lebih dari itu Ukraina tidak boleh menjadi anggota NATO. 

Selamanya. Seterusnya. Penyebab perang adalah itu.

Dasar pemikiran Vivek adalah: jangan sampai Rusia dan Tiongkok bersatu. Perang di Ukraina telah membuat Rusia bersatu dengan Tiongkok. Padahal musuh utama Amerika mestinya Tiongkok.

Pun soal Taiwan. Pandangan Vivek tergolong baru. Amerika hanya boleh membela Taiwan sementara waktu saja. Yakni di saat Amerika belum mandiri dalam semikonduktor. 

Sekarang Taiwan harus dilindungi karena semikonduktor bikinan Taiwan masih sangat dibutuhkan Amerika.

Dua tahun Vivek jadi presiden, Amerika sudah harus berdikari di bidang semikonduktor. Dan saat itulah Amerika tidak harus lagi melindungi Taiwan.

Pandangan lain yang juga sangat tegas adalah: bubarkan FBI, kementerian pendidikan, komisi nuklir, dan internal revenue service. Untuk apa pemerintah pusat (Federal) memiliki lembaga-lembaga itu. 

Sebagian ada yang tumpang tindih, sebagian lagi jadi urusan negara bagian sepenuhnya. 

Urusan energi nuklir dan pendidikan biarlah menjadi urusan negara bagian. Sedang tugas FBI digabung ke dalam lembaga secret service.

Begitu segar pandangan Vivek. Darah muda terbukti lebih segar.

Masih ada satu lagi yang mirip Trump: narsistisnya. Kian lama, kata media di sana, Vivek terlihat kian narsistis. Kata lain barangkali ini: ambisius. Tapi orang Amerika suka hal-hal yang ambisius. Jadi itu bukan bagian yang membuat Vivek tercela. 

Maka, begitu Trump tidak bisa maju sebagai calon presiden, pengikut Trump sudah terhibur. Setidaknya ada jaminan akan diberikan pengampunan. 

Sisi baiknya: pengikut Trump mungkin tidak jadi mengamuk kalau akhirnya idola mereka itu harus terjerat hukum.

Kalau pun Trump akhirnya bisa mencalonkan diri, rasa-rasanya Trump akan memilihnya sebagai calon wakil presiden.(Dahlan Iskan)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan Edisi 26 Agustus 2023: Hidrogen GIIAS

Pryadi Satriana
Dengarkan ini di Youtube: "Prof. Rhenald Kasali Ph.D. SIKAT HABIS Rocky Gerung"!! Rocky Gerung -- yg "cuma" lulus S1 -- dan koar2 seorang pro***or ini adalah idola seorang jurnalis senior yg Anda sudah tahu, hi..hi.. (wong 'goblik' ngapusi wong 'goblok'; wong 'goblok' ngapusi wong 'guoblok'). #ojo gelem diapusi#

Pryadi Satriana
KEMENANGAN PRABOWO "DITENTUKAN" GOLKAR! Golkar punya basis pendukung yg sangat kuat di luar Jawa, kecuali Sumbar dan Bali. Prabowo "HARUS" menggandeng Ridwan Kamil -- biarlah Erick nanti tetap sbg Menteri BUMN! -- kalau ingin memenangkan Jabar, propinsi dg pemilih terbanyak! Siapa pun wapres Prabowo, tidak akan bisa mengalahkan Ganjar di Jateng. "Lepaskan" Jateng, rebut Jabar, DKI, dan Banten bersama Ridwan Kamil, yg memang "dipersiapkan" untuk itu dg bergabung Golkar! Erick lah yg menjadi "penggerak" di tim Prabowo - Ridwan Kamil. PDIP "tidak punya pilihan" selain menggandengkan Ganjar - Sandi, kalau ingin PPP tetap di koalisinya. Begitu tidak dideklarasikan jd Cawapres Ganjar, PPP akan "merapat lagi ke teman lama": Golkar & PAN! Anies sdh "ndhak punya pilihan", Demokrat TIDAK akan membiarkan Anies mendeklarasikan Cawapres-nya di detik2 terakhir. Anies sdh "terkunci" oleh Demokrat. Anies bukan penentu di koalisinya, Demokratlah penentunya! Sekali lagi, Golkar-lah "penentu" kemenangan di Pilpres 2024. Dengan duet Prabowo - Ridwan Kamil, Jabar akan dimenangkan Prabowo, Jateng akan dimenangkan Ganjar, Madura akan dimenangkan Prabowo, dan Jatim akan jadi "medan perang terberat". Yg didukung oleh Khofifah punya kans paling besar memenangkan Jatim. Namun Khofifah "dalam posisi serba sulit", nyalon gubernur diusung Demokrat, Golkar, dan PAN. Khofifah sendiri sekarang anggota Demokrat tapi Muslimat NU yg dipimpinnya cenderung "moh karo Anies." Khofifah akan "manut" pada kiai2 NU!!

Fiona Handoko
selamat siang bp thamrin, bung mirza, bp prof pry, kang sabarikhlas dan teman2 rusuhwan. membaca komen kang sabarikhlas. istri sudah ngomel "kalo lagi bokek, jangan baca chd". mengingatkan saya akan kisah si pendeta. suatu hari pendeta pergi ke dentist untuk buat gigi palsu yg baru. hari minggu pertama setelah mendapatkan gigi palsu barunya. dia hanya khotbah 8 menit. minggu kedua, dia khotbah 10 menit. minggu berikutnya, dia khotbah berapi api selama 2 jam 48 menit. para jemaat sampai harus "menuntun" nya turun dari mimbar. mereka menanyakan si pendeta. mujizat apa yg terjadi. pendeta menjelaskan. 2 minggu kemarin, gusinya masih terlalu sakit. hingga tidak bisa berbicara panjang lebar. minggu lalu. gusinya masih sakit untuk berbicara lebih dari 10 menit. minggu ini. dia salah, yg dipasang gigi istrinya. hingga dia tidak bisa berhenti berbicara. 

Echa Yeni
Absensi yang Fanas" gini gk nitip kopi. Es Teh Swit wae

Pryadi Satriana
Jadi menteri, Dahlan raup hampir Rp5T dalam dua tahun! Saat menjabat menteri BUMN th. 2011, LHKPN Dahlan Rp48,8M. Pada th 2013, Dahlan yg selama jadi menteri "tidak mengambil gaji" mempunyai kekayaan Rp5,5T. Menarik, pada tahun yg sama ada berita "Pernyataan Dahlan Iskan Patut Dicurigai" yg muncul dari Kementerian Keuangan (djkn.kemenkeu.go.id). Merasakan enaknya jadi menteri, Dahlan pun berambisi jadi presiden. "Untuk memuluskan langkahnya sebagai calon Presiden 2014 mendatang, Dahlan Iskan yang juga Menteri BUMN meminta dukungan kepada ratusan ulama di Madura" (tribunnews.com, "Dahlan Iskan Cari Dukungan dari Ulama Madura"). Usahanya gagal ... Pertanyaannya: Bagaimana Dahlan menjelaskan kekayaannya yg dari Rp48,8M menjadi Rp5,5T dalam dua tahun setelah menjadi menteri BUMN yg "tidak mengambil gaji"? Salam. Rahayu.

Pryadi Satriana
hampir Rp5T > lebih Rp5T

Pryadi Satriana
Benar yg dikatakan Kejagung bahwa Dahlan "suka main kucing-kucingan". Bisa jadi jg "kucing-kucingan" dg petugas pajak, dg para pemilik saham JP, dg karyawan JP terkait 20% saham karyawan, dsb. Capek? Ya, sampai harus "ganti hati". Dan belum kapok, buktinya tuh urusan 20% saham karyawan Jawa Pos belum beres juga ... Semoga husnul khatimah. Salam. Rahayu.

Pryadi Satriana
Dahlan sbg jurnalis punya fungsi kontrol. Banyak jurnalis yg "tampak bersih", tp ternyata "bertangan kotor", "nilep" sana-sini. Melalui komentar2 saya, Dahlan punya kesempatan menunjukkan jati dirinya, "jurnalis bersih" atau "bertangan kotor." Orang yg mengklaim dirinya "bersih" punya "kewajiban" membuktikannya. Dahlan sebelum jd menteri "woro2" ndhak ngambil gaji & kekayaannya Rp48,8M. Dua tahun setelah jadi menteri, Forbes menunjukkan bahwa kekayaan Dahlan -- dalam rupiah -- sekitar Rp5,5T (cermati.com, "Menjajaki Karier Jurnalistik dan Politik Dahlan Iskan, Pendiri Jawa Pos Grup"). Saya lebih percaya yg dikatakan Forbes daripada Dahlan, terlebih setelah Dahlan "kucing-kucingan" dengan Kejagung dan "nilep" saham karyawan Jawa Pos, mantan anak buahnya sendiri yg telah mendukung Dahlan sampai ke posisi puncak di Jawa Pos. Terlepas dari latar belakang Dahlan yg agamis & ngaku "orang tarekat", Kejagung telah membuktikan kebohongan Dahlan yg ngaku dirawat di RS shg disebut Kejagung "kucing-kucingan". Beda yg sangat mencolok antara LHKPN Dahlan th 2011 (Rp48,8M) dan "laporan" kekayaan Dahlan Iskan th 2013 oleh Forbes (Rp5 5T) juga mengindikasikan bahwa Dahlan "kucing-kucingan." Salam. Rahayu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 229

  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • mzarifin umarzain
    mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Leong Putu
    Leong Putu
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • laila alfina
    laila alfina
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • KawaiChoco _003
    KawaiChoco _003
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • Mak Rambe
    Mak Rambe
    • Mak Rambe
      Mak Rambe
  • Awaludin Kharis
    Awaludin Kharis
  • Fahimsa Haykal
    Fahimsa Haykal
  • ghazian faris
    ghazian faris
  • Mak Rambe
    Mak Rambe
    • Mak Rambe
      Mak Rambe
    • Mak Rambe
      Mak Rambe
    • Amat K.
      Amat K.
    • didik sudjarwo
      didik sudjarwo
    • imau compo
      imau compo
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
    • Mak Rambe
      Mak Rambe
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
  • Nurkholis Marwanto
    Nurkholis Marwanto
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
    • Liam Then
      Liam Then
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Er Gham
      Er Gham
    • didik sudjarwo
      didik sudjarwo
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
  • Liam Then
    Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Liam Then
      Liam Then
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • Amat K.
      Amat K.
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • imau compo
    imau compo
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • Alex
    Alex
  • Mak Rambe
    Mak Rambe
    • Mak Rambe
      Mak Rambe
    • Amat K.
      Amat K.
    • Mak Rambe
      Mak Rambe
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Amat K.
      Amat K.
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
  • Liam Then
    Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Liam Then
      Liam Then
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Liam Then
      Liam Then
    • Xiaomi A1
      Xiaomi A1
  • hoki wjy
    hoki wjy
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
    • Liam Then
      Liam Then
  • hoki wjy
    hoki wjy
  • ahmad faqih
    ahmad faqih
  • Liam Then
    Liam Then
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
    • Liam Then
      Liam Then
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
    • Amat K.
      Amat K.
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Amat K.
      Amat K.
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
  • ahmad faqih
    ahmad faqih
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • Amat K.
      Amat K.
    • Amat K.
      Amat K.
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Amat K.
      Amat K.
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Liam Then
      Liam Then
  • Johan
    Johan
  • Mukidi Teguh
    Mukidi Teguh
  • Mukidi Teguh
    Mukidi Teguh
  • Xiaomi A1
    Xiaomi A1
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Liam Then
      Liam Then
    • Xiaomi A1
      Xiaomi A1
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Xiaomi A1
      Xiaomi A1
    • Amat K.
      Amat K.
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Amat K.
      Amat K.
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Liam Then
      Liam Then
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
  • adi Nugraha
    adi Nugraha
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
    • Xiaomi A1
      Xiaomi A1
    • Liam Then
      Liam Then
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
  • Property Property
    Property Property
    • Property Property
      Property Property
    • Property Property
      Property Property
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Property Property
      Property Property
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Xiaomi A1
    Xiaomi A1
  • Fauzan Samsuri
    Fauzan Samsuri
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
  • Azwar Anas
    Azwar Anas
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
    • Mak Rambe
      Mak Rambe
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Amat K.
    Amat K.
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
  • Mak Rambe
    Mak Rambe
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • Gianto Kwee
    Gianto Kwee
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
  • Mahmud Al Mustasyar
    Mahmud Al Mustasyar
    • Mak Rambe
      Mak Rambe
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Xiaomi A1
    Xiaomi A1
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
    • Mirza Mirwan
      Mirza Mirwan
  • KawaiChoco _003
    KawaiChoco _003
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • sutarno dwijo
    sutarno dwijo
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Jo Neca
      Jo Neca
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
  • Nurkholis Marwanto
    Nurkholis Marwanto
    • Mirza Mirwan
      Mirza Mirwan
  • Otong Sutisna
    Otong Sutisna
  • Andung Achmad Kurniawan
    Andung Achmad Kurniawan
  • Ketut Bagiarta
    Ketut Bagiarta
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • AnalisAsalAsalan
    AnalisAsalAsalan
  • Jo Neca
    Jo Neca
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • Maman Lagi
    Maman Lagi
  • rid kc
    rid kc
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Maman Lagi
      Maman Lagi
  • mzarifin umarzain
    mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Azza Lutfi
      Azza Lutfi
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna