Asik! Insentif Motor Listrik Bakal Naik Jadi Rp10 Juta

Asik! Insentif Motor Listrik Bakal Naik Jadi Rp10 Juta

Deretan motor listrik mengisi daya di SPKLU. PLN Mengajak masyarakat segera beralih ke Kendaraan Listrik untuk kurangi polusi udara-Kemenhub-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Upaya Pemerintah dalam menuju Indonesia Net Zero Emission Tahun 2060 terus dilakukan semaksimal mungkin.

Salah satunya dengan pemberian subsidi ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) berupa insentif potongan harga untuk motor listrik dan insentif PPN untuk pembeliam mobil listrik.

BACA JUGA:Menanti Motor Listrik Indonesia Mendunia Lewat ALVA One dan ALVA Cervo

Untuk pembelian motor listrik, sebelumnya Pemerintah sudah memberikan insentif sebesar Rp 7 juta dengan syarat motor listrik tersebut sudah memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) lebih dari 40 persen.

Melihat peminat motor listrik saat ini belum terlalu banyak, Pemerintah akhirnya berencana akan menambah insentif menjadi Rp 10 juta untuk pembelian motor listrik.

Hal ini juga sempat diungkapkan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang mengatakan memang sudah ada wacana untuk menaikan insentif motor listrik sebagai langkah mendorong penggunaan motor listrik untuk mengatasai permasalahan polusi udara.

BACA JUGA:Pakai Motor Listrik, Hemat Biaya Operasional Hingga 75 Persen dan Tak Cemari Lingkungan

"Penguatan kendaraan listrik, ada wacana insentif dari Rp7 juta ke Rp10 juta untuk motor listrik konversi, mempermudah urusan," ujar Ridwan Kamil usai rapat di Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jumat 18 Agustus 2023 kemarin.

Sementara itu terkait wacana kenaikan insentif pembelian motor listrik, Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana menyatakan pihaknya telah membahas kenaikan insentif motor listrik tersebut.


Sepeda motor listrik.-M. Ichsan-

"Iya, sudah (dibahas) di kita," ujar Dadan kepada wartawan, Senin 28 Agustus 2023.

Dadan juga mengungkapkan, wacana kenaikan insentif motor listrik dari Rp 7 juta menjadi Rp 10 juta ini lantaran hingga saat ini peminat konversi motor belum terlalu banyak.

"Ya kita per sekarang Rp7 juta kan tapi kita lagi melihat kok Rp7 juta ini tidak banyak yang daftar, apakah ini kurang atau seperti apa itu juga salah satu yang akan masuk," ungkapnya.

Jokowi Ajak Industri Beralih ke Kendaraan Listrik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: