Dua Hari Lagi Fenomena 'Super Blue Moon' Langka Bakal Muncul, Catat Jamnya Nih Buat di Indonesia!

Dua Hari Lagi Fenomena 'Super Blue Moon' Langka Bakal Muncul, Catat Jamnya Nih Buat di Indonesia!

Catat Munculnya Fenomena Alam Blue Moon di Indonesia Akhir Agustus 2023---Pixabay

JAKARTA, DISWAY.ID - Fenomena Bulan Biru, yang secara harfiah berarti "Blue Moon", akan kembali terjadi pada tahun 2023.

Menurut NASA (Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional Amerika Serikat), Blue Moon akan terjadi pada Rabu malam, tanggal 30 Agustus 2023 pukul 21.36 waktu AS bagian timur.

Meskipun dinamai "Bulan Biru", fenomena ini sama sekali tidak berkaitan dengan warna Bulan yang sebenarnya.

BACA JUGA:Warga Sipil Terlibat Penculikan dan Penganiayaan Imam Masykur Ditangkap Polda Metro Jaya

Blue Moon sebenarnya menandai fenomena adanya bulan purnama ke-13 dalam jangka waktu satu tahun. Biasanya, bulan purnama terjadi sebanyak 12 kali dalam setahun, sesuai dengan jumlah bulan yang ada dalam kalender.

Akan tetapi dikarenakan perhitungan astronomis, terdapat peluang munculnya bulan purnama ke-13.

Untuk mengetahui jam berapa Blue Moon akan terjadi di Indonesia, fenomena Blue Moon ini terjadi pada akhir bulan Agustus.

Tanggal pastinya akan bergantung pada wilayah lokasi Anda berada. Di Indonesia, fenomena Bulan Biru ini jatuh pada tanggal 31 Agustus.

BACA JUGA:Fenomena Aneh Suara dan Getaran Misterius di Desa Moncek Tengah Sumenep Sudah 10 Hari, Warga: Baru Hari Ini Terasa Makin Keras!

Bagi masyarakat Indonesia yang berada di zona Waktu Indonesia Barat, kalian dapat Blue Moon dapat dilihat sekitar pukul 18.06 WIB.

Kalau kalian ingin melihat fenomena ini segera cari tempat yang gelap dan terhindar dari polusi cahaya.

Jika Anda ingin melihat permukaan bulan dengan lebih detail, disarankan untuk menggunakan alat bantu seperti teleskop atau binokular. 

Jadi, bagi Anda yang tertarik dengan fenomena langka ini, jangan lupa untuk menyiapkan diri dan mencari waktu yang tepat untuk menyaksikan Blue Moon pada akhir Agustus 2023.

BACA JUGA:Mengenal Badai Khanun, Fenomena Alam yang Menghantam Jepang, Apa Bedanya dengan El Nino?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: