PLN Sukses Raih Dua Penghargaan, Transformasi dan Inovasi PLN Mobile Berdampak Besar Bagi Masyarakat

PLN Sukses Raih Dua Penghargaan, Transformasi dan Inovasi PLN Mobile Berdampak Besar Bagi Masyarakat

Pemberian penghargaan oleh Deputi Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi, dan Aparatur Kemenko Polhukam, Marsda TNI Arif Mustofa (kedua dari kanan) kepada Vice President Komunikasi Korporat, Grahita Muhammad (kedua dari kiri) untuk kategori Reformasi Bir-Foto/PLN-

JAKARTA, DISWAY.ID - PT PLN (Persero) berhasil meraih dua penghargaan atas upaya perseroan melakukan transformasi berbasis digital dan inovasi yang berdampak luas kepada masyarakat.

Dalam ajang Merdeka Award 2023, PLN menerima penghargaan kategori Reformasi Birokrasi dan Program Inovatif untuk Negeri yang diadakan di Jakarta, Rabu, 30 Agustus 2023. 

Pemimpin Redaksi Merdeka.com, Darojatun mengatakan, penghargaan kepada PLN diberikan karena keberhasilan perseroan melakukan gebrakan inspiratif dan inovatif.

BACA JUGA:PLTU Suralaya dapat Apresiasi Komisi VII DPR RI, Sukses Patuhi Baku Mutu Emisi Hingga Raih Penghargaan Internasional

Menurutnya, penentuan penerima penghargaan setelah memenuhi beberapa penilaian kriteria dan parameter.

"Ini ajang penghargaan kepada para tokoh yang inspiratif dan figur atas langkah yang dilakukannya melalui gebrakan yang inspiratif dan inovatif, serta tepat sasaran tanpa ada banyak wacana yang menguras energi, waktu serta biaya," ujar Darojatun.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki mengatakan, inovasi memegang peranan penting untuk mengoptimalkan ekonomi.

Karena itu, inovasi harus terintegrasi dalam budaya keseharian masyarakat Indonesia.

BACA JUGA:74 Orang Tewas di Tragedi Kebakaran Gedung di Afrika Selatan

“Kita menyaksikan bagaimana beragam inovasi terlahir dari tangan-tangan kreatif bangsa ini mulai dari individu, komunitas, pengusaha, hingga lapisan pemerintahan. Semua berkontribusi menghadirkan gagasan yang cerdas demi kepentingan bersama, gagasan itu yang muncul dari kepedulian terhadap kepentingan publik,” ujar Teten.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, selama tiga tahun terakhir PLN fokus melakukan inovasi dan transformasi perusahaan secara masif. 

Transformasi ini meliputi digitalisasi di berbagai aspek bisnis perusahaan mulai dari pembangkit, transmisi, keuangan, hingga merambah pada pelayanan pelanggan melalui super app PLN Mobile

“Melalui transformasi berbasis digital ini, kami mengubah kultur organisasi dari bureaucratic-like menjadi business-like, mengubah sistem pelayanan pelanggan yang sebelumnya lambat, tidak responsif menjadi cepat dan sangat memuaskan. Dulu untuk membayar listrik harus datang ke PPOB (payment point online banking), banyak calo, kalau mau melaporkan gangguan juga sulit, sekarang semua bisa dilayani dengan mudah lewat PLN Mobile mulai dari pasang baru, tambah daya, sampai lapor gangguan,” kata Darmawan.

BACA JUGA:Kapolri Tinjau Penanganan Pencegahan Karhutla di Kalbar, Tekankan Sinergitas Antar Elemen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: