Rifqi Amsyah Alkhofidh Juarai Lompat Jauh SAC Indonesia 2023-Sumatera Qualifiers

Rifqi Amsyah Alkhofidh Juarai Lompat Jauh SAC Indonesia 2023-Sumatera Qualifiers

Rifqi Amsyah Alkhofidh (tengah) setelah menjuarai nomor lompat jauh SAC Indonesia 2023-Sumatera Qualifiers, Jumat 1 September 2023.--

Pemenang sejumlah nomor lomba sudah didapat dari perhelatan Energen Champion SAC Indonesia 2023-Sumatera Qualifiers. Salah satunya lompat jauh. Adalah Rifqi Amsyah Alkhofidh dari SMAN 4 Kisaran yang berhasil menjuarai nomor lomba lompat jauh putra.

Rifqi menorehkan catatan jarak lompatan 5,94 meter. Mengalahkan peserta di posisi kedua dan ketiga, Muhammad Alif Ramadhan dari SMAN 2 Kisaran dan Reynaldy Simangusong dari SMAN 1 Lubuk Pakam dengan perolehan jarak 5,81 meter.

Perolehan membanggakan Rifqi merupakan hasil latihan yang cukup singkat, hanya dua bulan. Ia mengaku senang bisa mengharumkan nama sekolahnya dengan perolehannya. Terlebih dirinya selama ini banyak menggeluti olahraga sepakbola dan tak pernah mengikuti kompetisi lompat jauh.

"Nah kemarin Pak Hendri guru PJOK saya itu meminta saya untuk ikut serta. Akhirnya saya ikut. Dan saya bersyukur sekali bisa mengharumkan nama SMAN 4 Kisaran,” ungkap Rifqi.

Berkat perolehan juara lompat jauh, Rifqi melaju ke babak Energen Champion SAC National Championship. Ia akan bersaing dengan peserta lainnya di tingkat nasional.

"Wah luar biasa rasanya. Saya berharap nanti di tingkat nasional dapat membanggakan Sumatera Qualifiers. Untuk Sekarang SMAN 4 Kisaran dulu," kata Rifqi.

Bersama Rifqi, Muhammad Alif Ramadhan dari SMAN 2 Kisaran juga akan melaku ke babak Energen Champion SAC National Championship. Alif menjuarai posisi kedua nomor lomba lompat jauh dengan perolehan jarak 5,81 meter.

Di musim lalu, Alif juga telah mengikuti Energen Champion SAC Indonesia 2023. Ia menjadi runner up dari North Sumatera Qualifiers tahun 2022. Ia masuk ke babak National Championship bersama Firli Sahputra di tahun lalu.

Yang juga akan melaju ke babak Energen Champion SAC National Championship adalah Reynaldy Simangusong dari SMAN 1 Lubuk Pakam. Ia memperoleh jarak 5,81 meter di kali pertamanya mengikuti kompetisi ini.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers merupakan kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia akan diikuti para peserta dari sekolah-sekolah di seluruh Sumatra.

Sumatra Qualifiers menjadi satu dari rangkaian kompetisi SAC Indonesia 2023 yang akan diselenggarakan pula di West Java, Central Java, East Java, Bali Nusra dan Jakarta Banten.

Energen Champion SAC Indonesia adalah hasil kerja sama PB PASI dengan DBL Indonesia. Pada kompetisi tahun lalu, kompetisi ini diikuti oleh 31 ribu pelajar dari lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia.

Energen Champion SAC Indonesia akan kembali hadir dengan format kompetisi bertingkat, dimulai dari babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/sederajat akan berkompetisi di tingkat nasional dalam babak National Championship. Juara dari babak National Championship dapat mengikuti training camp ke luar negeri.(Kezia Kevina Harmoko)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: