Konsisten Juara, Deka Pratama Menangkan 100 Meter Putra SAC Indonesia 2023-Sumatera Qualifiers

Konsisten Juara, Deka Pratama Menangkan 100 Meter Putra SAC Indonesia 2023-Sumatera Qualifiers

Deka Pratama melakukan selebrasi usai melakukan finis di babak final Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers, Minggu 3 September 2023.--

MEDAN, DISWAY - M. Deka Pratama membuktikan konsistensinya menjadi juara nomor 100 meter putra. Siswa SMK Jambi, Medan ini dua kali berturut-turut menjadi juara di nomor lari jarak pendek.

Capaian bergengsi ini diraih dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers hari ketiga yang diselenggarakan Minggu, 3 September lalu di Stadion Unimed, Medan.

Deka mempertahankan posisinya sebagai kampiun 100 meter putra dengan perolehan waktu 11,384 detik. Catatan waktu ini mengalahkan rekor pribadinya di ajang tahun lalu yaitu 11,78 detik. Dengan kemenangan ini, Deka kembali masuk ke babak National Championship.

Deka merasa bahagia sekaligus terharu bisa kembali menyandang gelar juara. Ia sangat bangga bisa membawa nama daerah dan sekolahnya dalam National Championship.

"Rasanya campur aduk. Tapi yang pasti ingin sekali untuk kembali merasakan National Championship," tutur Deka.

BACA JUGA:Ini 48 Pelajar Terbaik dari Sumatera Qualifiers yang Siap Bersaing di Energen Champion SAC Indonesia National Championship

Posisi kedua podium 100 meter putra ditempati oleh Herwarno Saputra dari SMA Muhammadiyah Kabanjahe. Ia meraih juara kedua dengan catatan waktu 11,43 detik.

Posisi ketiga diamankan oleh Mhd. Rizky Ramadhan dari MA YMPI Sei Tualang Raso dengan catatan waktu 11,671 detik. Di posisi ketiga, Rizky menjadi finalis Energen Champion SAC 2022 Sumatera Qualifiers.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers berlangsung pada 1-3 September 2023. Kompetisi ini diikuti oleh 6.023 pelajar dari 350 sekolah di seluruh Sumatra. Tidak hanya dari Sumatra Utara, peserta juga berasal dari Sumatra Barat, Sumatra Selatan, dan Lampung.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers menjadi satu dari rangkaian kompetisi SAC Indonesia 2023 yang akan diselenggarakan pula di West Java, Central Java, East Java, Bali Nusra dan Jakarta Banten.

BACA JUGA:Sengit! Kesia Sihotang Sabet Juara Nomor 800 Meter Putri Energen SAC Indonesia 2023-Sumatera Qualifiers

Energen Champion SAC Indonesia adalah hasil kerja sama PB PASI dengan DBL Indonesia. Pada kompetisi tahun lalu, kompetisi ini diikuti oleh 31 ribu pelajar dari lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia.

Energen Champion SAC Indonesia akan kembali hadir dengan format kompetisi bertingkat, dimulai dari babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/sederajat akan berkompetisi di tingkat nasional dalam babak National Championship. Juara dari babak National Championship dapat mengikuti training camp ke luar negeri.(Kezia Kevina Harmoko)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: