Ini 48 Pelajar Terbaik dari Sumatera Qualifiers yang Siap Bersaing di Energen Champion SAC Indonesia National Championship

Ini 48 Pelajar Terbaik dari Sumatera Qualifiers yang Siap Bersaing di Energen Champion SAC Indonesia National Championship

--

Tuntas sudah kualikasi pertama kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia, Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Seluruh rangkaian acaranya berakhir Minggu 3 September 2023 di Stadion Universitas Negeri Medan (Unimed).

Puncak dari kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia -regional Sumatera- tersebut telah menemukan masing-masing delegasi terbaik. Mereka tak hanya menang tapi berhak mewakili Sumatera Qualifiers di babak nasional, yang bertajuk National Championship. 

Total ada 48 pelajar terbaik dari Sumatera Qualifiers yang siap bersaing di Energen Champion SAC Indonesia National Championship.

Ketua Pengprov PASI Sumatra Utara David Luther Lubis turut melepas para wakil Sumatera Qualifiers yang akan berangkat ke National Championship.

David berharap bahwa para wakil Sumatera Qualifiers dapat berlaga dengan maksimal di tingkat pusat. "Nanti dari Pengprov PASI Sumut pastinya akan mengadakan pembinaan sebelum mereka berangkat ke National Championship," kata David

National Championship merupakan partai puncak dari Energen Champion SAC Indonesia. Winner, 2nd Place dan 3rd Place di masing-masing nomor lomba dan qualifiers akan diberangkatkan untuk mengikuti National Championship.

Nantinya, wakil dari Sumatera Qualifiers akan bertemu dengan delegasi dari West Java, East Java, Central Java, Jakarta Banten dan Bali Nusra. 

Salah satu penggawa estafet 4x100 meter putra dari SMAN 1 Bandar Lampung Zawil Qirom Murobbi A.K. mengaku telah siap bersaing di tingkat National Championship. Mereka ingin membuktikan bahwa pelajar Sumatra mampu untuk berlaga di kompetisi nasional. 

"Yang pasti latihannya ditambah. Meningkatkan chemistry juga penting. Karena kami tim estafet. Bonding-nya juga harus kuat. Lawannya besok juga bukan lagi dari Lampung. Bukan lagi dari Sumatra. Tapi ada yang dari Jawa. Harus serius," ungkap Zawil. 

Sementara itu, salah satu wakil Sumatera Qualifiers di nomor 100 meter putra, M. Deka Pratama, juga merasa siap kembali bertempur untuk memperebutkan titel Champion SAC.

Deka, yang telah berpengalaman mengikuti National Championship musim lalu, telah menyiapkan serangkaian latihan agar bisa tampil total.

Deka Pratama sendiri berhasil menembus babak National Championship setelah mencatatkan waktu 11,38 detik. Perolehan ini lebih baik dari catatan waktu nomor lari 100 meternya pada gelaran musim lalu. 

Di tahun kedua keberangkatannya ke National Championship ini, Deka telah mengevaluasi berbagai kendala dan kebutuhannya agar bisa sukses bersaing dengan wakil dari daerah lain.

"Kebetulan Sumatra Qualifiers yang pertama. Jadi belum tahu persaingannya seperti apa. Yang pasti tetap waspada dan berlatih sebaik mungkin," kata Deka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: